LATGAB SD/MI SE-MALANG RAYA 2017

IMG_0514[1]

Pada hari Sabtu, 14 Januari 2017 SMPK Santa Maria II Malang menggelar acara Latihan Gabungan Penggaang tingkat SD/MI Se-Malang Raya yang ke-2. Kegiatan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut kegiatan kepramukaan yang sudah dimasukan pada Kurikulum 2013 khususnya kegiatan siaga dengan sasaran menanamkan kemandirian yang disiplin serta untuk memberikan pengalaman nyata dalam suasana kebersamaan maka diadakan Latihan Gabungan Penggalang SD/MIN 2017 Se- Malang Raya

Kepramukaan memiliki posisi tawar yang sangat strategis dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter anak bangsa yang sedang kita siapkan untuk menjalani kehidupan di zamannya. Posisi yang strategis itulah yang menjadi fokus perhatian dan pikiran kita sebagai pribadi yang lebih dewasa untuk mewadahi dinamika dan pikiran adik-adik penggalang dalam menyadari jati diri dan potensi mereka.

Latar belakang perkembangan bidang pendidikan formal dengan hadirnya kurikulum 2013 yaitu menempatkan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dilaksanakan mulai dari satuan pendidikan dasar sampai atas. Semua itu memiliki harapan bagaimana generasi muda ini memiliki kepribadian yang berkarakter, menumbuhkan sikap nasionalisme, dan mempersiapkan kehidupan generasi muda yang mandiri dengan membekali life skill

Setelah selesai apel pembukaan pelaksanaan Latgab, adik-adik penggalang SD disuguhkan berbagai penampilan ekstrakurikuler diantaranya, tari tradisonal, dance, paduan suara Mandarin, dan band

Tujuan Kegiatan Latihan Gabungan Penggalang SD Se- Malang Raya 2017  ini antara lain:

  1. Membekali para adik-adik penggalang dengan keterampilan dasar kepramukaan
  2. Meningkatkan keberanian dan kemandirian penggalang dalam berkompetisi dan bersosialisasi
  3. Meningkatkan disiplin dalam mengikuti berbagai aktivitas yang konstruktif untuk meningkatkan karakter diri.
  4. Meningkatkan  semangat kebersamaan dan kejujuran dalam mengikuti kompetisi keterampilan kepramukaan.
  5. Memperkenalkan gugus depan 04-27 sebagai basis  yang siap menjadi tempat  belajar para penggalang dalam mempersiapkan masa depannya.
  6. Meningkatkan keakraban Penggalang SD se-Malang Raya dengan semangat Satu Pramuka untuk Satu Indonesia.

Latihan Gabungan Penggalang SD 2017 mengangkat tema “Meraih Prestasi dalam KebersamaanBentuk Kegiatan Latihan Gabungan Penggalang Tingkat SD tahun 2017 meliputi Pioneering (dilatih dan dinilai saat Latgab), Morse/Sandi (dilatih dan dinilai saat Latgab),  P3K (dilatih dan dinilai saat Latgab), Pembuatan Blog Gudep (dilatih dan dinilai saat Latgab), Pengetahuan  Pramuka dan Akademis (pengetahuan kepramukaan dan akademik disiapkan di gudep), FBB (dilatih dan disiapkan di gudep masing-masing, dinilai saat Latgab), dan Senam Ge Mu Famire (dilatih dan disiapkan di gudep masing-masing dan dinilai saat Latgab). Setiap bidang dinilai untuk diperoleh predikat  regu predikat terbaik I, II, dan III (trophy dan sertifikat) dan memperebutkan predikat regu putra dan putri terbaik (akumulasi pemerolehan predikat regu terbaik (trophy juara umum putra dan putri).

Pada latgab tahun 2017 panitia menyediakan 42 thropy kejuaran setiap bidang dan 2 trophy juara umum regu putra dan putri, serta trophy juara umum gugus depan. Menurut Kak Trianto, selaku koordinator kegiatan Latgab menjelaskan bahwa panitia harus memberikan apresiasi yang bisa dilihat dan dibanggakan dengan label trophy yang telah disiapkan. “Semoga adik-adik penggalang SD semakin antusias dalam mengikuti kegiatan ini untuk tahun-tahun  mendatang,” demikian harapannya.

Latihan gabungan berakhir pukul 15.30 WIB dengan acara penutupan dan pengumuman para jawara disetiap bidang latihan dan kegiatan. Pada penutupan Kak Kris Yuliana selaku wakil kepala sekolah menegaskan akan terus menggelar latgab ini sebagai kegiatan tahunan dan akan lebih banyak mengundang sekolah-sekolah lain dengan harapan semakin ada peningkatan kompetisi dalam bidang kepramukaan.

Masukan dan evaluasi dari para kakak Pembina peserta Latgab yang diberikan kepada panitia diantaranya mereka berharap peserta sekolah selain SD milik Perkumpulan Dharmaputri juga dilibatkan harapannya kompetisi yang ketat. Pada Latgab tersebut sebagai juara umum regu putra dan putri diraih oleh regu putra SDK Santa Maria II, sekaligus sebagai gugud depan yang berhak atas trophy juara umum gudep dengan perolehan nilai regu putra 17 point dan regu putri 19 point. (T.Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *