REFLEKSI TAHUN BARU 2017

“Waktu….detik berganti menit….menit berganti jam….jam berganti hari…hari berganti minggu….minggu berganti bulan….bulan berganti tahun….dan sekarang tahun 2016 beranti 2017…..

Tuhan Maha Baik pada tahun 2016 kita sudah merasakan  banyak kebaikan hidup yang telah kita rasakan tentunya juga harus kita syukuri, semoga di tahun 2017 ini memberikan harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Sesungguhnya, setiap tahun baru mengajak kita semua untuk berubah menjadi lebih baik. Kalau kita tidak mau berubah dan selalu ngotot dengan kebiasaan-kebiasaan kita di ‘wilayah nyaman’, maka kehidupan akan memaksa kita untuk berubah dan kita pun tidak mampu menolaknya. Tidak seorang pun yang bisa mengabaikan perubahan. Siapapun yang mengabaikan perubahan, maka penderitaan akan hadir untuknya.

Kita sadari bersama bahwa hakikat kehidupan ini adalah sebuah perjalanan sementara untuk belajar tentang kebaikan dari baiknya kehidupan. Kita semua hadir untuk belajar hal-hal baik dan meninggalkan warisan untuk keindahan hidup. Kita hidup untuk melewati tantangan dan cobaan. Kita hidup untuk memberikan kebaikan dan bukan untuk memberikan kerusakan ataupun kehancuran. Kita hidup untuk segera keluar dari gelap dan menemukan terang untuk selamanya.

Mari kita saling bergandeng tangan satukan hati untuk selalu berusaha menumbuhkan dalam perziarahan  hidup ini dengan seluruh kekuatan dan lebih kedewasaaan baik berpikir maupun bertindak. Mari kita semua berani untuk menyiapkan diri sebagai bentuk partisipasi kita dalam  memberikan warna akan kebaikan dan kualitas bagi bangsa dan Negara di mana kita berpijak. Biasakan untuk menemukan sukacita dalam keadaan apapun. Biasakan untuk bersyukur dan tidak pernah mengeluh untuk hal apapun. Orang yang bersyukur adalah pemenang sejati, orang yang suka berkeluh-kesah adalah orang yang sudah kalah sebelum berjuang.

Semoga di tahun 2017 ini kita semua mampu menemukan kekuatan diri yang sejati dalam menjalani wakyu yang sudah membentang di depan kehidupan kita. “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur…… Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” Filipi 4:6, 8b

Sekali lagi mari di  tahun baru 2017 dengan segala tantangannya, kita tidak perlu kuatir akan apapun juga karena kita tahu bahwa Allah senantiasa memelihara dan menolong kita. Yang harus kita lakukan hanyalah percaya kepadaNya hari demi hari dan damai sejahtera-Nya akan memelihara hidup kita sepanjang tahun yang baru ini. (T.Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *