ANIMASI APP 2017 KELUARGA BERWAWASAN EKOLOGIS

http://www.dokpenkwi.org/

Minggu, 19 Februari 2017 bertempat di Aula Bhakti Luhur jalan Raya Dieng, Regio Barat Keuskupan Malang menggelar animasi APP 2017 untuk paroki dan lembaga pendidikan yang berada di wilayah tersebut. Masa prapaskah sebagai masa latihan rohani tahun 2017 mengangkat tema Keluarga Berwawasan Ekologis. Wawasan ekologis bermakna mendukung kelestarian ekologis, menjaga supaya alam semesta ciptaan Tuhan ini tetap utuh, berfungsi dan berkelanjutan sampai saat yang panjang, melampaui generasi kita. Latihan rohani itu terbagi atas tiga kelompok yakni kategori anak-anak dengan titik berat pada melakukan kegiatan yang memberikan pengalaman berulang dalam memahami wawasan ekologis, ketergori remaja/OMK menitikberatkan pada melakukan dan menyadari kegiatan-kegiatan ekologis, sedangkan kelompok dewasa mengusahakan pertobatan ekologis, yakni melakukan aksi ekologis secara berkesinambungan dalam kelangsungan hidup.

Sepuluh bapak-ibu guru SMPK Santa Maria II mengikuti animasi APP tersebut, acara dimulai pukul 09.00 WIB. “Semoga para bapak/ibu guru memiliki pemahaman yang baik terkait dengan materi APP tahun ini, sekaligus sebagai persiapan untuk disampaikan pada peserta didi,” ungkap Pak Fidelis Suhadi selaku Koordinator Tim Kerja Spirmor. Pengarahan umum disampaikan oleh RD. Geovanni Indrawan, selaku penanggung jawan kegiatan tersebut pada sambutannya mengucapkan terima kasih atas apresiai dan atensi yang diberikan pada pelaksanaan Animasi APP tahun 2017 ini, dengan jumlah peserta yang cukup membanggakan, semohga dengan awal yang baik ini gerakan atau Latihan Rohani menyambut Paskah 2017 semakin bermakna sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Setelah pengarahan umum selesai para peserta Animasi APP 2017 dikelompokkan berdasarkan pembagian 3 kategori, kategori dewasa akan mendalami materi  di Aula, ketegori anak dan remaja/OMK di dua kelas yang berada di lantai 2 bangunan timur Bhakti Luhur. Materi APP kategori dewasa dipandu oleh RD. Sugeng, kategori remaja/OMK oleh RD J.A. Purnomo, dan kategori anak-anak dipandu oleh RD Catur Wibawa. Pada sesi pendalaman modul materi Animasi APP tersebut para peserta menerima penjelasan umum serta diberikan kesempatan untuk menyampaikan sharing, serta masukan-masukan bagaimana materi itu bisa semakin menarik ketika nanti diberikan kepada peserta pendalaman APP.

Sekitar pukul 11.45 WIB pembahasan dan  diskusi modul di masing-masing kategori selesai, dilanjutkan dengan penutupan serta makan siang bersama. Menurut Bapak Jaya, yang kebetulan pertama kali mengikuti Animasi APP tersebut sangat menyenangkan karena memberikan pengalaman serta wawasan yang baru terkait dengan materi APP. Pada kegiatan Animasi APP tersebut juga diadalan bazzar buku-buku rohani dengan tawaran yang cukup menarik yakni ada potongan 20% khusus buku-buku yang dicetak oleh penerbit Dioma. Akhirnya sekitar pukul 13.15 WIB acar Animasi APP 2017 pun selesai. (T.Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *