Merasakan HEKSGAPO (Heksa Scout Galang Competition) SMAN 6 Malang

Minggu, 25 Maret 2017 sekitar pukul 05.30 WIB adik-adik penggalang SMPK Santa Maria II mulai mempersiapkan diri untuk berangkat menuju SMAN 6 Malang untuk mengukur kompetensi keterampilan kepramukaan. Salah satu program kepramukaan Gudep 04-27 SMP Panderman tahun 2016-2017 adalah mengikuti berbagai lompa kepramukaan khususnya yang diselenggarakan oleh SMA Negeri di Malang sekitar terus direalisasikan.

Event lomba pramuka yang diselenggarakan oleh Ambalan Syailendra Pangkalan SMA Negeri 6 Malang, memiliki kemenarikan untuk diikuti terutama event tersebut baru diikuti di SMA yang berada di jalan Mayjen Sungkono tersebut. Bidang lomba-lomba yang digelar adalah Pionering, Hasta Karya, Cerdas Cermat, Water Rocket, Story Telling, KIM dan FBB & Yel-Yel. Pada perlombaan tersebut SMPK Santa Maria II dengan mempertimbangkan masukan dan pemikiran akhirnya diputuskan untuk mengirimkan 2 regu putri dan 2 regu putra.

Persiapan lomba tersebut dilaksanakan sore hari selama 2 minggu setiap hari senin, rabu, dan kamis. Saat mempersiapakan lomba tersebut semangat dan antusiasme adik-adik penggalang Nampak bersemangat. Selama berlatih masing-masing anggota regu setia dengan tanggung jawab bidang lomba yang diikuti. Setiap regu terbagi atas 3 penggalang ikut pionnering, 2 penggalang hasta karya, 1 penggalang cerdas cermat, 2 penggalang water roket, 1 penggalang story telling, 1 penggalan KIM, dan semua anggota regu ikut FBB dan Yel-yel.

Selama mempersiapkan lomba menurut salah satu peserta yang bernama Putri mengatakan bahwa saat berlatih itulah kita sesame anggota regu harus berjuang untuk selalu mementingkan kebersamaan, serta komunikasi yang baik antara orangtua peserta harus terjalin dengan harmonis. Semua itu akan menentukan apakah selama berlatih para peserta dan ortu bisa saling mendukung. “Kami sangat mengapresiasi apa yang selama ini dukungan para orangtua patut diberi jempol,” ungkap Kak Frans di tengah-tengah kesiibukan mempersiapkan lomba tersebut.

Kami berangkat dari sekolah pada pagi hari sekitar pukul 06.15 WIB dengan menggunakan 4 mobil dukungan para orangtua SMAN 6 sekitar pukul 07.15 WIB registrasi. Pukul 08.15 selain bidang lomba FBB dan Yel-yel, setelah apel pembukan langsung dimulai. “Pada prinsipnya kami para Pembina sudah memberikan kepercayaan kepada adik-adik penggalang untuk secara maksimal melaksanakan bidang lomba sesuai dengan apa yang sudah dipersiapkan selama ini,” demikian ungkap Kak Bertha

Setelah semua bidang lomba dilaksanakan pukul 16.15 WIB dilaksanakan apel penutupan yang diisi hiburan ekstrakurikuler Dance SMA Negeri 6. Pada pengumuman hasil perlombaan akhirnya kontingen SMPK Santa Maria II berhasil meraih juara I story telling putra, juara II water roket putra dan putri juara III story telling putri dan FBB dan Yel putrid dan mampu meraih juara umum ketiga putra, dengan demikian kontingen SMP Panderman membawa pulang 6 trophy kejuaraan pada Heksa Scout Galang Competition 2017. (T.Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *