RAPAT MARATHON DENGAN SEMANGAT KARTINI

Bertepatan hari Kartini, 21 April 2017 mulai pukul 10.30 WIB tepatnya setelah selesai US mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IX di Ruang Agama Sr, bapak/ibu guru dan karyawan melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pemaparan hasil audit internal yang telah dilaksanakan sepekan ini. Selain RTM, juga akan diisi dengan membahas atau mereview agenda kegiatan sekolah selama bulan Mei, Juni, dan Juli dilanjutkan dengan rapat nilai siswa kelas IX (khusus bagi para bapak/ibu guru) dan yang terakhir mendiskusikan persiapan kegiatan rekreasi ke Bali (bagi parawali kelas IX da beberapa bapak/ibu guru yang ikut mendampingi acara tersebut)

Pada pemaparan hasil audit internal disampaikan perihal kekurangan dan perbaikan yang harus dilakukan oleh masing-masing tim kerja pada waktu yang telah disepakati dengan para auditor. Kesimpulan dari pemaparan hasil audit masih diperlukan kedisiplinan para tim kerja dalam menjalankan program serta adanya kesesuaian dengan masing-masing quality procedure yang dimiliki oleh tim kerja tersebut. Pada audit internal semester genapl tahun 2016-2017 ini dilakukan kepada semua bagian yang terdiri dari 12 tim kerja termasuk Top Manajemen/Kepala sekolah dan Manajenen Representative/Wakil kepala sekolah bersama Document Controller/Pengendali Dokumen

Setelah pemaparan hasil audit internal, Sr. Dorothea selaku Top Manajemen/Kepala Sekolah memberikan penegasan terkait dengan hasil audit. Beliau mengangkat tema Guru yang Efektif. Pada kesempatan itu kepala sekolah yang berasal dari Flores itu mengajak para guru dan karyawan untuk mampu bekerja secara efekti dengan memiliki pola pikir pro aktif, memiliki visi dan misi yang jelas, pandai dalam menentukan prioritas, selalu berpikir win-win solution, senang bekerja sama, selalu memerhatikan orang lain, serta selalu belajar sepanjang waktu.

Sebelum mantan kepala SMPK Mater Dei, Pamulang mengakhiri pembicaraanya, beliau menyampaikan spirit R.A. Kartini yakni, Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu, sebelum kebahagiaan yang sempurna datang padamu. Dengan penuh senyum beliau sangat percaya jika para pelaku pendidikan di SMPK Santa Maria II ini mampu melaksanakan apa yang menjadi tuntutan kewajiban yang telah melekat baik bagi guru maupun karyawan.

Setelah waktu menunjukkan pukul 13.10 WIB dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan menu soto ayam dengan minuman degan yang disajikan di depan Ruang Kertakes dan Ruang Kegiatan. Suasana kekeluargaan nampak begitu mendominasi bagaimana para guru dan karyawan menikamati makan siang tersebut. Kami mendapatkan waktu untuk istirahat sampai pukul 14.00 WIB

Bel tanda waktu istirahatpun mulai terdengar sebagai tanda kami segera berkumpul kembali di Ruang Agama untuk melanjutkan rapat dengan materi revieuw agenda kegiatan bulan Mei, Juni dan Juli yang dipimpin langsung oleh Ibu El Kris Yuliana selaku MR. Penekanan review dilakukan untuk menyesuaikan berbagai program sekolah dengan perkembangan waktu yang ada. Semua itu bertujuan untuk mempersiapkan semua agenda sekolah agar dapat dilaksanakan tanpa mengganggu berbagai agenda yang lain. Begitu rapat review agenda kegiatan selesai dilanjutkan dengan rapat nilai siswa kelas IX khususnya nilai semester 1 sampai semester 6.

Sebagai agenda rapat terakhir membicarakan persiapan baik yang bersifat teknis maupun non teknis kegiatan rekreasi ke Bali. Pada rapat tersebut hanya diikuti oleh para wali kelas IX ditambah kepala sekolah serta beberapa guru untuk membantu mendamping para siswa saat rekreasi ke Bali. Bapak Budi Daryono selaku koordinator rekreasi ke Bali berharap koordinasi sore itu semakin memantapkan persiapan kegiatan, dengan demikian tujuan yang diharapkan dari kegiatan itu dapat dicapai.

One thought on “RAPAT MARATHON DENGAN SEMANGAT KARTINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *