AUDIT EKSTERNAL SMM ISO SMPK SANTA MARIA II

Pada hari Kamis, 27 April di SMPK Santa Maria II pihak URS melaksanakan audit eksternal dari URS terhadap mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 Bidang Pendidikan di bawah lembaga sertifikator URS (United Registrar of Systems (URS). Satu-satunya sekolah di bawah Perkumpulan Dharmaputri itu telah melaksanakan SMM ISO sejak 19 Juli 2010.

Sebelum pelaksanaan audit eksternal, telah dilaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) pada tanggal 10 s.d. 17 April 2017 yang diakhiri dengan Rapat Tinjauan Manajemen pada tanggal 21 April 2017 dengan mengaudit semua bagian tim kerja yang ada di SMP Panderman. Menurut klausul pengimplementasian SMM ISO 9001:2008 audit internal wajib dilakukan sebelum audit eksternal dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih mematangkan semua system yang telah dilaksanakan apakah ada kekurangannya jika ada kekeurangan masih bisa diperbaiki sebelum audit eksternal dilakukan.

Opening Meeting Audit Eksternal ISO di ruang Kegiatan sekitar pukul , dengan Auditor dari URS Bapak Nanda yang sudah pernah mengaudit di SMPK Santa Maria II. Pada pembukaan audit eksternal tersebut Sr. Dorothea, SPM selaku TM mengharapkan agar apapun hasil audit eksternal dapat digunakan untuk semakin menyempurnakan pelaksanaan SMM ISO di sekolah ini. Pada audit eksternal kali ini bidang yang akan diperiksa adalah bidang TU, Perpustakaan, Kurikulum, BK, Sarana Prasarana, dan Humas. Pada OM tersebut Bapak Nanda selaku auditor eksternal memberikan kesempatan kepada koordinator tim kerja untuk memberikan masukan atau saran terkait teknis audit eketernal yang akan dilaksanakan.

Audit eksternal dimulai pukul 09.15 WIB yang akan memeriksa enam bagian dengan waktu istirahat pukul 13.15 WIB untuk makan siang. Pada pukul 15.15 WIB akhirnya pelaksanaan audit eksternal berakhir. Pada saat itu juga para guru dan karyawan berkumpul di Ruang Kegiatan untuk mendengarkan laporan hasil audit eksternal. SMM ISO yang telah diterapkan hampir 7 tahun berdasarkan pemeriksaan menurut pihak auditor berhasil dilaksanakan sesuai dengan klausal yang ada. Ini terbukti dengan tidak ada temuan yang bersifat mayor tetapi ada temuan-temuan kecil (minor findings). Temuan itu didapatkan pada bidang kurikulum mata pelajaran PPKn kelas VII dengan demikian diperlukan laporan perbaikan yang harus dikirimkan ke pihak URS

Dengan hasil audit eksternal tersebut, SMPK Santa Maria II dinilai masih layak untuk terus melaksanakan SMM ISO sebagai pedoman dalam menjalankan aktivitas pembelajaran. “Semoga dengan hasil yang telah dilaporkan pihak URS selaku auditor eksternal semua bapak ibu guru dan karyawan semakin terpacu untuk bisa menerapkan sistem manajemen mutu ISO ini sesuai dengan klausul-klausul yang sudah ada walaupun tidak menutup kemungkinan aka nada beberapa perubahan dokumen terkait pelaksanaan SMM ISO tersebut,” demikian ungkapan MR sambil mengucapkan terima kasih kepada semua pihak saat Clossing Meeting sore itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *