MPLS SMPK Santa Maria II diwarnai dengan Outbond

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah tahun pelajaran 2017-2018 mengangkat tema “Prestasi Kumiliki, Karakter Kuperoleh” dengan bertujuan khusus memberikan kesempatan untuk mengenal secara kontekstual lingkungan baru siswa kelas VII di SMPK Santa Maria II Malang. MPLS tahun ini memiliki kegiatan tambahan berupa outbond yang diselenggarakan di Biara Pasionis (CP), Lo Andeng
Tujuan umum Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah menyajikan suasana yang menyenangkan, berkesan, nyaman, dan merasa ditrima serta membentuk kekompakan dan kebersamaan serta persaudaraan sesuai dengan misi dan misi sekolah. Materi yang diberkan kepada siswa kelas VII antara lain Pengenalan Visi Misi serta Mars sekolah, Kurikulum, Etika dan Budi Pekerti,Cara Belajar, tata Tertib Sekolah, Perpustakaan Sarana Prasarana.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Kelas VII SMPK Santa Maria II diawali dengan Pra MPLS tepatnya pada hari Sabtu, 15 Juli 2017 dengan pengarahan dan pengenalan kegiatan MPLS, berkenalan lebih dekat dengan para wali kelas dengan materi Mengembangkan Potensi Diri, pembagian seragam.
Selaku koordinator MPLS tahun pelajaran 2016-2017 Bapak Trianto Th., S.Pd menegaskan bahwa MPLS kali benar-benar menekankan pengenalan lingkungan sekolah dengan segala fasilitas dan kegiatan, ditambah dengan kegiatan outbond yang secara keseluruhan jenis kegiatannya bermakna membangun kebersamaan serta mau menjadi pemimpin dan mau dipimpin. Beliau juga selalu mengingatkan khususnya para engurus OSIS yang juga diberi kesempatan mendampingi dalam setiap kegiatan harus zero bullying.
Pada hari pertama MPLS tepatnya Senin, 17 Juli dibuka dengan upacara bendera sekaligus pembukaan MPLS oleh kepala sekolah dengan simbolis mengalungkan kartu peserta MPLS yang diwakili oleh siswa kelas VII putra dan putri. Pada upacara tersebut Sr. Dorothea berpesan agar selama MPLS para siswa kelas VII dapat memanfaatkan dengan mengikuti setiap kegiatan dengan selalu terlibat aktif, khususnya pada saat kegiatan outbond
Pada hari Selasa, 18 Juli 2017 rombongan siswa kelas VII diberangkatkan dari sekolah menuju tempat outbond dengan menggunakan 20 armada angkutan kota MM yang dikomandoi oleh Bapak Albertus M Depa. Begitu tiba di lokasi tepatnya Biara CP LoAndeng siswa diajak untuk pemanasan dengan jalan kaki menuju lokasi outbond yang berjarak sekitar 300 meter dari halaman depan biara.
Outbond MPLS tahun 2017-2018 dimulai pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WIB dengan setiap kelompok menjalani 10 jenis permainan. Hampir semua guru dan karyawan terlibat aktif pada kegaiatan tersebut. “Wah ini pengalaman yang menyenangkan bagi saya, “ ungkap salah satu peserta outbond yang berasal dari Papua. Selesai outbond para wali kelas dibantu pengurus OSIS mengadakan latihan penampilan kelas untuk acara inaugurasi sekitar 2 jam dan pukul 15.30 para siswa dibariskan untuk berjalan menuju halaman depan biara CP untuk naik angkutan kota dan kembali ke sekolah.
Pada akhir MPLS digelar acara Inaugurasi mempertunjukkan berbagai keterampilan bakat dan minat setiap kelas. Pada sambutan akhir kegiatan MPLS, Sr. M. Dorothea D. Doren, SPM, S.Pd setelah menerima secara resmi dari perwakilan orang tua/wali siswa kelas VII menegaskan bahwa siswa, orangtua/wali kelas dan sekolah harus saling bersinergi khususnya dalam memberikan pendampingan kepada para siswa kelas VII selama proses pembelajaran di tahun pelajaran 2017-2018. Masih menurut beliau semua itu bertujuan untuk mendukung siswa dalam mengembangkan potensi baik akademik maupun non akademik khususnya dalam pengembangan karakter. (T.Th)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *