Bina Lingkungan kompleks Panderman

Hasil pengamatan dan curah pendapat dari para guru dan karyawan kompleks Panderman dirasa nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan masih perlu dikonkritkan bahkan dikembangkan, maka setiap bulan akan diadakan kegiatan kebersamaan berupa senam bersama. Secara bergantian ketiga unit kerja akan menjadi koordinator kegiatan tersebut secara bergantian. Sedangkan untuk tempat pelaksanaan yang represesntatif disepakati ada di lingkungan SD dan SMP Katolik Santa Maria II.
Diawali dengan diskusi informal ketiga kepala sekolah di lingkungan Panderman yang kebetulan tinggal dalam satu rumah tepatnya di susteran SPM jalan Telomoyo menggagas acara rutin untuk membangun keakraban dan meningkatkan semangat kebersamaan yakni bina lingkungan dengan senam bersama setiap bulan sekali. Semangat sebagai satu saudara dilingkungan kompleks Panderman tersebut pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017 dikonkritkan sebagiai aktivitas bersama yuntuk yang pertama kalinya dengan kegiatan senam bersama, lomba-lomba bernuasa gembira serta makan siang bersama.
Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan sambutan koordinator bina lingkungan kompleks Panderman yakni Sr. Veronique, SPM. Beliau berharap keakraban dan kebersamaan ini dijadikan modal untulk membangun relasi yang saling menyapa dan meneguhkan khususnya bagaimana unit kerja TK, SD, dan SMP Santa Maria II untuk bisa saling mendukung khususnya dalam mempertahaunkan eksisitensi dalam memberikan jasa khususnya bagi para orangtua, siswa dan stakeholder. Setelah sambutan semua guru dan karyawan ketiga unit kerja kompelks Panderman diajak untuk senam bersama yang dipandu oleh Ibu Anna Maria dan Bapak Mesak.
Sekitar pukul 08.00 senam bersama selesai dilanjutkan dengan menikmati the, kopi dan makanan polo pendem yang telah disiapkan di ruang tunggu SDK Santa Maria II. Sambil menunggu istirahat Pak Trianto dan teman-teman mempersiapkan beberapa fun games diantaranya mencari harta karun, balon estafet, melukis buta, sumpit kacang ijo, dan joget bersama. Menurut Sr. Dorothea, SPM kepala SMPK Santa Maria II acara yang dikemas bisa dinikmati serta membantu para guru dan karyawan untuk bisa mengenal bahkan membangun keakraban di anatara mereka, beliau juga berharap acara ini akan terus bisa berkesinambungan bahkan pada akhirnya nanti akan menghasilkan nilai-nilai kebersamaan yang konstruktif.
Acara demi acara bisa berjalan sesuai dengan rancangan bahkan menurut Bapak Albert pada akhir kegiatan ia berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dengan alasan mampu membangun keakraban antar guru dan karyawan tiga unit kerja di kompleks. Demikian juga menurut Bapak Mesak “Acara ini semakin membuka mata hati saya untuk bisa mengenal bahkan kegiatan ini bisa menjadi awal nilai-nilai kebersamaan yang akan dikembangkan khususnya bagaimana ketiga unit kerja ini bisa memberikan kontribusi antara unit satu dengan unit kerja lainnya.
Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta fun games panitia menyediakan hadiah bagi para jawara dan hadiah bagi semua peserta fun games. Menurut Ibu Retha selaku sie. hadiah mengatakan bahwa hadiah itu disiapkan sebagai ungkapan jalinan batin agar semua warga unit kerja di kompleks Panderman semakin tergerak untuk terus meningkatkan relasi baik antar personal maupun antar unit kerja, sambil membagikan hadiah bagi para jawara setiap jenis fun games. Dan membagikan nomor doorprice bagi peserta yang belum berkesempatan memenangi jenis fun games.
Sebagai puncak kegiatan bina lingkungan dari pagi hinga siang itu adalah makan siang bersama yang diawali dengan doa penutup sekaligus doa makan yang dipimpin oleh Bapak Yohanes, guru agama SDK Santa Maria II. Keakraban nampak begitu kelihatan saat mereka secara bergantian antri untuk mengambil makan siang. “Semoga dari waktu ke waktu kita semakin memiliki jalinan batin,” harapan Pak Andiek sambil menikmati makan disekitar galerai utara unit SDK Santa Maria II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *