LKTD I Calon Pengurus OSIS

Sabtu, 26 Agustus 2017 sekitar pukul 07.00 WIB sebanyak 45 calon pengurus OSIS 2017-2018 siap berangkat menuju Campingground Hotel Purnama Batu untuk mengikuti LKTD tahap I yang akan berlangsung sampai hari Minggu, 27 Agustus 2017. Sebelum berangkat menuju tempat pelaksanaan LKTD tahap I, Bapak Beni selaku koordinator kegiatan sekaligus Pembina OSIS memberikan pengarahan di lapangan terkait dengan aturan dan tata tertib selama melaksanakan kegiatan LKTD tahap I.
Rombongan peserta LKTD I tiba di Hotel Purnama sekitar pukul 07.45 WIB langsung mempersiapkan apel pembukaan LKTD I yang dibina oleh Ibu Kris Yuliana mewakili Sr. Dorothea, SPM yang terpaksa hadir agak siang karena ada kegiatan dinas yang tidak bisa ditinggalkan. Pada amanat apel Bu Kris Yul mengharapkan agara pada LKTD I ini para calon pengurus OSIS benar-benar memaksimalkan kegiatan dengan berperan aktif selama melaksanakan kegiatan, sehingga selama proses tersebut para pendamping yakni bapak ibu guru langsung bisa melakukan penilaian terkait kecakapan yang dimiliki sebagai modal dasar sebagai pengurus OSIS.
Selesai apel para siswa diberikan kesempatan untuk istirahat. Setelah ditu dilanjutkan dengan pemasanan berupa icebreaking yang dipandu oleh Bapak Trianto di lapangan parkir utara Hotel Purnama. Pada sesi tersebut Pak Trianto mengajak berlatih yel-yel LKTD I dan membentuk kelompok-kelompok kecil. Selesai ice breaking disambung dengan pemaparan materi Kepemimpinan Kristiani yang disampaikan oleh Bapak Albert di ruang Wing Aula .Pada kesempatan itu Bapak Albert menegaskan bahwa sebagai calon pengurus OSIS harus menyadari peran leadership yakni melayani dengan penuh tanggung jawab.
Materi Mengenal Potensi Diri disampaikan oleh Ibu Retha setelah Bapak Albert mengakhiri materi Kepemimpinan Kristiani. Pada materi Mengenal Potensi Diri mantan koordinator OSIS tahun 2016-2017 itu mengajak bagaimana para calon pengurus OSIS mampu mengenali potensi diri sekaligus mampu mengembangkan. Materi tersebut diselingi dengan permainan yang mengajak para peserta LKTD mampu menggali potensi diri melalui permainan kartu.
Sekitar pukul 13.30 WIB pemaparan Mengenal Potensi Diri berakhir dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat sejenak sambil berpindah tempat menuju ke tenda yang akan dipakai untuk bermalam. Semua peserta LKTD membawa masing-masing tas serta perbekalan untuk menuju camping ground Hotel Purnama.
Selesai istirahat dilanjutkan materi Kedisipilan yang disampaikan oleh Ibu El. Kris Yuliana disambung dengan acara bersih diri/mandi sekitar pukul 17.15 WIB disambung dengan pemaparan materi Etika yang dibawakan oleh Ibu Anna. Materi Etika berakhir sekitar pukul 19.15 WIB dilajutkan dengan makan malam. Sekitar pukul 20.15 Bapak Budi Daryono mulai memandu pemaparan materi Komunikasi di tenda pertemuan dengan menggunakan teknik penerapan aktivitas komunikasi dengan mengeksplorasi Koran sebagai sumber komunikasi.
Pukul 21.15 WIB para peserta LKTD I diajak untuk menggali pembinaan mental yang dikoordinasi oleh Bapak Trianto dengan membagi semua peserta LKTD I menjadi 5 kelompok sesuai dengan 5 pos yang akan menggali mental religius, nasionalis, kemandirian, kerja sama, dan integritas. Para petugas setiap pos telah mempersiapkan berbagai kegiatan maupun study kasus yang bertujuan menggali mental para calon pengurus OSIS.
Pembinaan mental membutuhkan waktu sekitar 2 jam dimana setiap pos diberi waktu 20 menit untuk beraktivitas, Selesai pembinaan mental dilanjutkan dengan refleksi dan doa malam yang dipimpin langsung oleh Sr. Dorothea, SPM. Setelah itu para peserta LKTD I dipersilakan untuk menikmati malam yang dingin dengan beristirahat.
Pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 sekitar pukul 06.00 WIB para siswa diajak senam pagi disambung dengan makan pagi. Para peserta diminta tidak mandi terlebih dahulu karena akan dilanjutkan dengan outbondfun yang pimpin oleh Bapak Beni selaku Pembina OSIS. Selesai outbondfun disambung dengan acara trekking yang jaraknya memerlukan waktu sekitar 2 jam.
Trekking memanfaatkan jalan sekitar Hotel Purnama dimana kiri-kanan jalan banyak dijumpai berbagai aneka bunga yang ditanam dan dikembangkan oleh petani bunga sekitar rute trakking. Selesai trekking para peserta LKTD I diberi kesempatan untuk bersih diri sekaligus berkemas. Kegiatan evalusi dilaksanakan di tenda pertemuan yang dipimpin langsung oleh Bapak Beni dan Ibu Deka Nanda.
Sekitar pukul 11.45 WIB acara LKTD I ditutup dengan apel penutupan yang dipimpin oleh Ibu El. Kris Yuliana mewakili Sr. Dorothea, SPM yang berhalangan karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Pada penutupan LKTD I Ibu Kris Yul berpesan semoga para calon pengurus OSIS mengalami peningkatan terhadap konsep leadership yang dicita-citakan dalam kegiatan tersebut.
Setelah makan siang pukul 12.30 WIB semua peserta bersiap pulang dengan berjalan tempat bus penjemput siap mengantar rombongan kembali ke Malang. “Acara LKTD I ternyata mengasyikan, banyak pengalaman dan pembelajaran dapat kami peroleh,” demikian ungkap salah satu peserta sambil membawa tas dan perbekalannya menuju tempat parker bus di sekitar Hotel Purnama. Perjalanan dari Hotel Purnama Batu menuju sekolah membutuhkan waktu 1,5 jam. “Semoga setelah ini kita akan mendapatkan calon pengurus OSIS yang sesuai dengan tuntutan zaman yakni mereka memiliki semangat melayani serta mampu membangun relasi dengan semua siswa sekolah,” harapan Ibu Anna selaku koordinator kesiswaan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *