Belajar dari GSF 2017 untuk Raih Prestasi Terbaik

SMPK Santa Maria II sebagai salah satu sekolah pengimbasan sekolah Adiwiyata dari SMP Negeri 18 berkesempatan merasakan sebuah kompetisi lingkungan yang memiliki kemiripan dengan persyaratan apa yang harius dipenuhi ketika sekolah yang berada di Jalan Panderman itu memiliki predikat sekolah Adiwiyata. Moment itu adalah digelarnya GSF 2017 yang diselemggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang bekerjasama dengan Radar Malang.

Semua proses dalam mempersiapkan GSF 2017 melibatkan semua guru dan karyawan serta peran sentral yakni para siswa. Berpatokan pada 9 bidang/isu yang menjadi penilaian GSF maka setiap pihak harus menuntaskan apa yang menjadi target serta persyaratan minimal yang harus dipersiapkan untuk dijadikan sebagai data pendukung dari 9 bagian/isu GSFtersebut.

Jujur persiapan yang dilakukan sebenarnya termasuk singkat hanya dua minggu dengan konsekuensi mengganti kegiatan ekstrakurikuler dengan persiapan penilaian GSF tersebut. Kata kunci yang menjadi penyemangat para guru, karyawan dan siswa adalah GSF merupakan pintu gerbang untuk membangun lingkungan sekolah yang lebih ramah lingkungan sekaligus sebagai sumber belajar bagaimana siswa mulai memilki habitus hidup dengan memperjuangkan suasa lingkungan yang hijau dan sehat.

Waktupun terus berlalu dengan agenda penilaian yang dilakukan oleh juri GSF di sekolah, tepatnya pada hari Senin, 6 November 2017 sebagai penilaian perdana yang dilakukan oleh tim juri GSF 2017. Sekolah yang berada di bawah pengelolaah Perkumpulan Dharmaputri mencoba memberikan yang terbaik saat penilaian tersebut dijalani.
Tuntas sudah gelaran Green School Festival (GSF) yang sudah berjalan sejak tahapan sosialisasi pada 30 Agustus lalu. Berakhirnya ajang yang dihelat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang itu ditandai dengan penyerahan penghargaan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu lalu (25/11).

GSF menghasilkan 30 pemenang dari 12 kategori. Di antaranya, SMPN 8 (juara 1 non-Adiwiyata SMP) SMPK Santa Maria II masuk sebagai nominator predikat tersebut, SMPN 14 (juara 1 Adiwiyata SMP), SDN Sawojajar 5 (juara 1 Adiwiyata SD), dan SDN Kauman I (juara 1 Adiwiyata SD). Patut dibanggakan juga Mading 3D SMPK Santa Maria berhasil menyabet juara I tingkat SMP

Semoga dengan pengalaman serta prestasi yang telah diraih, SMPK Santa Maria semakin memahami serta mampu mempersiapkan diri hususnya dalam membenahi kualitas infrastruktur, juga sumber daya manusianya setelah mengikuti GSF. Sekaligus GSF memberikan dampak pada penguatan pendidikan karakter siswa. Salah satu poinnya adalah siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

Semoga tahun mendatang semua pihak selaku warga sekolah mampu untuk mempersiapkan diri untuk lebih mampu berbicara serta menunjukkan eksistensi diri sebagai sekolah yang patut mendapatkan penghargaan, khususnya dalam hal membangun lingkungan yang ramah lingkungan serta menjadikan sekolah sebagai sumber belajar para siswa khususnya dalam memahami arti pentingnya lingkungan yang ramah serta bermartabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *