UNBK di SMPK Santa Maria II

SMPK Santa Maria II pada UNBK tahun 2017-2018 ini tergabung dalam Rayon 01 Sub Rayon 01 bersama SMPN 1, SMPK Sang Timur, dan SMP Kr. YPK. Sebelum pelaksanaan UNBK semua pengawas ruangan mendapatkan pengarahan sekaligus penandatangan pakta integritas dari ketua Rayon 01 Sub Rayon 01 Ibu Dra. Lilik Ermawati, M.Pd sekaligus sebagai kepala SMP Negeri 1 Malang
Bapak Ibu guru SMPK Santa Maria II bertugas menjadi pengawas ruang di SMPN 1 dan di SMAK St. Albertus tempat SMPK Sang Timur dan SMP Kr YPK melaksanakan UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP digelar mulai Senin, 23 April hingga Kamis, 26 April 2018. Pada hari pertama, sejumlah persoalan mewarnai pelaksanaan UNBK. Sinkronisasi antara server pusat dengan daerah untuk proses ujian mengalami kendala, bahkan terkesan sulit. Akibatnya, pelaksanaan UNBK molor dari jadwal.Semula, untuk sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB. Karena ada kendala semacam ini, ada sekolah yang terpaksa harus melangsungkan ujian sekitar pukul 09.00 WIB.

SMPK Santa Maria II baru bisa dilaksanakan normal sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah terkendala jaringan dan sinkronisasi server teratasi, akhirnya semua sekolah pelaksana UNBK di Kota Malang dilaporkan lancar. Sementara itu, tim teknisi dan proctor merasa lega karena UNBK berjalan lancer sampai sesi ke-3. Di SMPK Santa Maria yang memiliki jumlah siswa 206 pada pelaksanaan UNBK dibagi menjadi tiga sesi dengan 2 ruangan ujian.

Kendala pada hari pertama UNBK ternyata tidak berlanjut pada hari-hari berikutnya. “Secara umum pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar sehingga semua siswa bisa menjalaninya dengan suasana tenang walaupun pada hari pertama mereka dibuat cemas”, ungkap Sr. Dorothea SPM selaku kepala sekolah sambil mengamati siswa kelas 9 yang telah selesai mengerjakan pada hari terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *