Lokakarya Pendidikan Karakter

Tanggal 5 dan 6 Juli 2018 melalui program kerja kepala sekolah, PSDM dan kurikulum mengadakan lokakarya pendidikan karakter dengan tema “Melalui pendidikan karakter kita tingkatkan kualitas layanan sekolah Katolik” . Sekitar pukul 7.30 WIB acara dimulai dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Bapak F. Suhadi.
Sr. Dorothea, SPM selaku kepala SMP Katolik Santa Maria II pada sambutan pembukaan lokakarya tersebut nilai karakter merupakan dasar dalam serta mengajak untuk memanfaat lokakarya ini sebagai usaha meningkatkan pelayanan dan kualitas sekolah yang akan mendampingi siswa.
Narasumber pada lokakarya yang direncanakan akan berlangsung dua hari tersebut adalah RD. Agustinus Argo. Jumlah peserta sejumlah 50 orang di antaranya dari SMP Katolik I, II dan Maria Fatima Jember. Pada awal penyampaian materi narasumber memberikan sekilas curriculum vitae pribadi.
Pada Lokakarya tersebut semua peserta di’melek’kan dengan pendidikan karakter yang harus dipikirkan lebih serius lagi. Suasana Lokakarya sangat cair dengan munculnya berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta terkait dengan situasi di masing-masing unit kerja.
Proses lokakrya juga diwarnai denga kerja kelompok sesuai dengan nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan oleh setiap unit kerja sekolah. Pada kerja kelompok tersebut peserta diajak untuk menentukan indikator karakter yang akan dituju sekaligus akan menjadi deskripsi pada rapor karakter yang rencananya akan dibeberlakukan di SMPK Santa Maria II.
Lolakarya pendidikan karakter dari pagi hingga sore itu akhirnya menghasilkan formula rapor karakrter yang dihasilkan dari aktivitas kerja kelompok dengan 7 karakter yang dikembangkan yakni unggul, beriman, bersaudara, integritas, mandiri, pluralis, dan ekologis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *