Tanaman Toga dan Manfaatnya

 

Tentunya kita sudah sering mendengar kata tanaman obat keluarga atau TOGA. TOGA adalah tanaman hasil budidaya yang berkhasiat sebagai obat. Biasanya tanaman ini digunakan untuk pengobatan tradisional. Tanaman TOGA justru lebih aman untuk dijadikan obat dibandingkan obat kimia yang dibuat oleh pabrik farmasi. Obat kimia cenderung menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Bahkan kadang-kadang obat kimia bisa menimbulkan efek samping yang menahun sampai ke kematian.

Zaman dahulu orang-orang apabila sedang sakit pasti menggunakan obat-obatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit mereka. Terbukti bahwa usia orang-orang pada zaman dahulu lebih panjang daripada usia orang-orang di zaman serba modern sekarang ini. Sebab orang-orang zaman dahulu tidak pernah mengkonsumsi obat-obat kimia juga bahan-bahan kimia yang serba instant yang banyak terkandung dalam obat – obatan kimia. Sebab dari itu maka tanaman obat lebih sehat dan alami dari pada obat–obatan kimia.

Tanaman tersebut biasanya dibudidayakan sendiri di rumah atau memetik dari tumbuhan liar disekitar kita. Macam-macam tanaman obat keluarga yang ada di sekitaran rumah kita beserta khasiatnya untuk mengobati bermacam-macam keluhan dan penyakit. Berikut kami mengulas beberapa TOGA yang sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

  • Daun Pepaya

Daun pepaya dapat dipakai untuk mencegah kanker sebab mengandung banyak akan getah putih seperti susu, yang digunakan untuk anti kanker. Daun pepaya bisa digunakan untuk menghambat kinerja beberapa jenis mikro organisme yang merusak fungsi pencernaan. Daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengontrol tekanan darah juga mengobati demam berdarah dan saat nyeri haid.

  • Daun Seledri

Daun seledri di dunia herbal di gunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk asma, kencing manis /DM, nyeri pada sendi/tulang/otot, rematik/asam urat, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk dan pilek, juga bisa untuk pengobatan pada mata. Namun seledri walaupun bisa digunakan untuk obat keluarga, tapi tidak sedikit orang yang juga bisa sensitif/alergi pada tanaman yang satu ini.

  • Daun Sirih

Penyakit-penyakit yang bisa diatasi dengan daun sirih, antara lain : seperti batuk berdahak, stomatitis/sariawan, bronkitis/batuk alergi, kulit yang banyak jerawatnya sakit gigi, keputihan pada wanita, demam berdarah, haid sakit dan tidak teratur, asma/batuk seseg, radang tenggorokan, gusi bengkak, mata merah dan gatal, bau pada ketiak, luka bakar juga bisa diatasi dengan daun sirih. Selain itu daun sirih juga bisa digunakan untuk bisul-bisul, mimisan, perdarahan pada gusi, dan masih banyak lagi.

  • Daun Jambu Biji

Kita pasti tidak asing dengan jus jambu biji, selain rasanya enak dan lezat, jus jambu biji juga bisa menaikkan trombosit pada penderita Demam Berdarah. Demikian juga dengan daun jambu biji bisa bermanfaat juga dalam hal menyembuhkan penyakit. Seperti menanggulangi masalah diare. Untuk itu, segera petik daun jambu biji bila Anda sedang diare dengan cara di remas-remas d ambil airnya, atau daun jambu biji muda di cuci kemudian di kunyah. Maka penyakit diare bisa cepat teratasi

  • Jahe

Kita tidak lagi asing dengan jahe, karena jahe sering digunakan untuk minuman hangat. Selain itu jahe banyak dipakai untuk mengobati berbagai masalah perut, seperti muntah, perut yang sakit, mual, diare, perut kembung, morning sickness/mual pada wanita hamil muda, dan bisa untuk mengatasi hilangnya nafsu makan. Jahe juga bisa digunakan juga sebagai herbal untuk mengatasi nyeri otot, nyeri haid, batuk bronkitis, dan ISPA/infeksi saluran pernapasan atas.

  • Kunyit

Selain digunakan untuk bumbu masakan, kunyit dipakai untuk mengobati rasa gatal, membunuh virus, mencegah depresi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan panas/demam, menghilangkan bau badan, diare, penambah stamina, obat radang tenggorokkan dan gusi, dan juga sakit saat menstruasi.

  • Temulawak

Temulawak sejak dulu sampai sekarang, dipakai untuk mengobati diare, sakit kuning, perut kembung, maag, dan badan pegal-pegal. Temulawak juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah penggumpalan darah. Komposisi yang terkandung di dalam temulawak terdapat minyak atsiri dan kurkumin yang berfungsi untuk anti-radang.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak mengandung vitamin c. Jeruk nipis juga biasa digunakan untuk menyedapkan masakan, dibikin minuman, dan untuk campuran jamu. Tetapi jeruk nipis juga bisa digunakan untuk meluruhkan dahak, mengobati batuk, meluruhkan kencing dengan sifat diuretiknya berikut keringat, serta mendukung proses pencernaan bekerja lebih baik. Selain itu, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien, amandel, anyang-anyangan, batu ginjal, batuk disertai influenza, demam, difteri, haid tidak teratur, vertigo, radang tenggorokan, panu, pegal linu, sakit gigi, dan tekanan darah tinggi.

  • Kayu Manis

Kayu manis juga sering untuk dibuat bahan masakan. Selain itu, kayu manis sebagai tanaman obat keluarga untuk mengontrol gula darah, mencegah penyakit jantung, meningkatkan fungsi usus besar, mencegah kanker, mengurangi nyeri rematik, dan mengobati infeksi saluran pernafasan.

  • Daun Dewa

Meskipun kata-kata tersebut agak asing di telinga kita, Daun dewa ternyata memiliki manfaat yang sangat baik. Daun dewa bermanfaat sebagai tanaman obat untuk mengatasi penyakit stroke, rematik, gula tinggi (diabetes), sakit jantung, hipertensi, kanker, bekas gigitan binatang buas, kutil, ganglion, muntah darah, demam berdarah, keseleo, gangguan haid, dan lain sebagainya.

Demikian macam-macam tanaman obat keluarga yang kami ulas. Tanaman TOGA sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat didaerah pedesaan yang tidak memungkinkan adanya klinik atau rumah sakit. Namun sebelum mengonsumsi TOGA ada baiknya anda mengetahui efek sampingnya terlebih dahulu, sebab tanaman obat keluarga (TOGA) tersebut malah bisa menyebabkan alergi atau dampak efek samping di dalam penggunaannya. Untuk itu jika Anda masih awam/ belum tahu tentang tanaman obat, maka lebih baik anda minta saran dari yang ahli dalam metode pengobatan tradisional ini.

Sumber asli : https://bobisanjaya.wordpress.com/2017/04/11/25-jenis-tanaman-obat-keluarga-toga-dan-manfaatnya-untuk-anda/

Sumber gambar : http://jagakesehatan.com/manfaat-khasiat/toga-tanaman-obat-keluarga.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *