Pensi SMPK Santa Maria II Malang

Sebagai kegiatan tiga tahunan Pentas Seni SMPK Santa Maria II dari tahun ke tahun mencoba untuk menyajikan sesuatu yang berbeda. Ini semua dilatarbelakangi perkembangan zaman serta dinamika peserta Pensi yang selalu melibatkan semua siswa di SMP Panderman itu.
Sudah ke empat kalinya ini Pentas Seni SMPK Santa Maria selalu menggunakan fasilitas di luar sekolah. Pertama kali Pensi di luar sekolah menggunakan Dome Universitas Muhamadiyah Malang 2010, 2013, Graha Cakra Universitas Negeri Malang 2016, dan kembali lagi ke Dome Universitas Muhammadiyah Malang 2019 tepatnya Sabtu, 9 Februari 2019
Pentas seni atau yang lebih dikenal dengan singkatan “Pensi” merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pertunjukkan berbagai macam kreatifitasseni yang dilakukan oleh anak-anak sekolah di dalam lingkungan sekolah mereka. Menurut para ahli, pengertian pentas seni adalah wujud pertunjukkan seni dalam berbagai bentuk, seperti: pertunjukan musik, tarian, drama/teater dan berbagai macam bentuk ktreatifitas seni lainnya yang dilakukan oleh para siswa dan siswi yang bersekolah di dalam sekolah tersebut.
Pada Pentas Seni 2019 ini mengundang bintang tamu vokalis Jazz dari Jakarta. Konsep Pensi menurut Ibu Anna Maria selaku coordinator acara menegasakan bahwa isi atau sajian pentas seni masih menekankan pada tampilan-tampilan yang menggambarkan cinta budaya nusantara
Kegiatan ini bernama PENTAS SENI SMPK SANTA MARIA II 2019 “CITA & CINTA PANDERMANIA UNTUK BUMI PERSADA” Setiap pribadi siswa memiliki beraneka ragam talenta yang terkadang talenta tersebut belum sempat dikembangkan bahkan dikenali. Sebagai wujud tanggung jawab sekolah dalam menggali bahkan mengembangkan talenta itu harus memberikan wadah yang diharapkan mampu menampung, mengembangkan dan mengekspresikan talenta-talenta yang beraneka ragam tersebut. Kompetensi ini selain harus dapat diaplikasikan oleh peserta didik juga harus dapat diintegrasikan pada kecakapan hidup (life skill) secara nyata, yang pada gilirannya mereka diharapkan mampu secra mandiri mengatasi masalah yang dihadapinya.
Kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik mencakup kompetensi-kompetensi sebagai berikut :
– pengetahuan
– keterampilan
– kecakapan
– kemandirian
– kreativitas
– kesehatan
– keimanan dan
– kewarganegaraan
Di SMPK Santa Maria II Malang, kompetensi-kompetensi tersebut selain diwujudkan dengan kegiatan formal yang dikemas dalam kegiatan Belajar Mengajar (Intra dan Ko-kurikuler), juga dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diarahkan untuk membina dan mengembangkan kreativitas siswa baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
Berdasarkan tuntutan kurikulum tersebut, serta sesuai dengan visi dan misi sekolah, setiap sivitas akademika di SMPK Santa Maria II Malang dengan 6 pilar senantiasa berusaha agar dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kreaktivitas para peserta didik guna mengaktualisasikan potensi para siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan kreaktivitas peserta didik yaitu dengan mengadakan berbagai kegiatan ektrakurikuler yang dikemas dalam bebagai kegiatan, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Kegiatan yang bersifat internal berupa perlombaan atau pertandingan antar siswa/wi SMPK Santa Maria II Malang, sedangkan kegiatan eksternal berupa kegiatan yang melibatkan para siswa dari sekolah-sekolah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *