Studi Wisata Kelas VIII

Jumat 22 Februari 2019 sebanyak 4 bus sekitar pukul 07.30 WIB membawa semua siswa kelas VIII bersama para wali kelas didukung beberapa pengurus P4 (komite sekolah) menuju Kebun Raya Purwodadi dan Candi Singasariuntuk melaksanakan studi wisata
Sebelum berangkat para siswa berkumul di lapangan untuk mendapatkan pengarahan teknis, absensi serta doa bersama. Pada kesempatan itu Ibu Thereia Damayanti selaku koordinator menegaskan tata tertib serta berbagai tugas yang harus dilakukan di dua lokasi studi wisata tersebut.
Perjalanan menuju Kebun Raya Purwodadi berjalan lancar. Pukul 08.30 semua rombongan telah sampai di tujuan. Program studi wisata ini merupakan program bersama antara pengurus P4 dengan kesiswaan. Setelah di lokasi para siswa langsung dibagi menjadi 9 kelompok untuk dipandu oleh petugas Kebun Raya Purwodadi ke beberapa titik yang sudah dipersiapkan.
Aktivitas terpimpin dilalukan sampai pukul 11.15 dilanjutkan dengan aktivitas bebas sesuai dengan minat perhatian siswa di sekitar Kebun Raya Purwodadi sampai pukul 12.15. Sekitar pukul 12. 30 rombongan meninggalan Kebun Raya Purwodadi untuk menuju Rumah Makan Jeng Sri sekitar 10 menit perjalanan tepatnya di selatan Kebun Raya Purwodadi.
Setelah makan siang langsung menuju lokasi kedua yakni Candi Singosari. Karena cuaca yang tidak mendukung rombongan hanya sempat mendengarkan narasumber candi Singosari sekitar 30 menit karena ditengah-tengah pemaparan dan pengenalan sejarah Candi Singosari hujan lebat mewarnai keberadaan kami di candi tersebut.
Setelah semua siswa masuk ke bus masing-masing rombongan akhirnya meninggalkan lokasi untuk menuju ke Malang. Walapun objek terakhir diiringi dengan hujan lebat para siswa nampak senang dalam menjalani studi wisata tersebut. “ Wah asyik ya? Kegiatan kita hari ini” ungkap Fenly salah satu siswa kelas VIII yang berasal dari Papua penuh rasa kagum dan puas dengan pengalaman tersebut.
Rombongan tiba di sekolah sekitar pukul 15.30 dengan selamat. Beberapa siswa yang sudah dijemput oleh orangtuanya langsung pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan yang belum dijemput beberapa siswa duduk bergerombol sambil sesekali tertawa senang sambil bercerita pengalaman yang meraka dapatkan selama studi wisata. “Semoga kegiata ini paling tidak menambah serta membuka pengetahuan mereka khususnya dalam mengenal beberapa tanaman langka serta sejarah Candi Singosari” ujar Pak Suhadi salah satu pendamping kegiatan tersebut sambil berjalan menuju ke ruang guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *