Workshop Pembuatan Soal-soal HOTS

Kamis 8 Maret 2019 dimulai pukul 13.00 WIB. PSDM mengadakan workshop penyusunan soal soal HOTS ( Higher-Order Thinking Skills). Pada pengantarnya, Sr. Dorothea SPM mengharapkan pelatihan ini sebagai modal dalam membuat soal PTS dan PAS. “Mari gunakan waktu ini untuk semakin memahami bagaimana menghasilkan soal evaluasi yang termasuk HOTS.
Menurut Bapak Albert M Depa selaku koordinator PSDM target workshop dua hari ini adalah memahami konsep soal HOTS pada hari pertama dan hari kedua nanti diharapkan para guru sudah mampu membuat soal HOTS yang nanti akan dikoreksi oleh narasumber. Pemaham itulah yang nanti bisa dikembangkan dan akan menjadi keterampilan pembuatan soal bagi para guru, lanjutnya sambil mempersiapkan kegiatan itu di ruang multimedia.
Pada awal pelatihan Pak Siswanto, S.Pd, M.Pd mengingatkan bahwa kaitan dengan akreditasi, keberadaan RPP yang HOTS pun perlu dikemas dengan benar. Pemahaman yang perlu dipahami antara lain Latar Belakang, Konsep Soal HOT, Teknik Penulisan Soal HOTS, Model soal HOT, dan Kerja Mandiri. HOTS termasuk menunjukkan pemahaman akan informasi dan bernalar bukan sekedar mengingat kembali/recall informasi
Materi yang disampaikan sebagai awal pemahaman bagaimana para guru mampu menyusun soal-soal HOTS di antaranya apakah Higher-Order Thinking, table of thinking, karakter instrument untuk mengukur HOTS, keterampilan berpikir tingkat tinggi, proses kognitif Bloom, higher-order thinking skill. Hari pertama workshop menekankan pada berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan pembuatan keputusan
Lanjutan workshop penyusunan soal HOTS dilaksanakan Sabtu, 9 Maret 2019 diawali dengan doa dan mendengarkan sabda di ruang guru dilanjutkan dengan sarapan soto daging Guntur yang sengaja didatangkan untuk memberikan suasana sarapan bersama yang berbeda. Sekitar pukul 07.30 WIB proses penyusunan soal HOTS dimulai dengan menekankan pembuatan soal untuk evaluasi yang akan dilaksanakan khususnya pada penilaian akhir semester genap.
Dinamika penyusunan soal di ruang Bahasa Indonesia IX itu sangat hidup, bapak ibu guru menyusun dengan berbagai aktivitas yang semakin membuat mereka “gayeng” dalam menyususn soal-soal HOTS. Aktivitas itu berakhir sampai pukul 11.00 WIB. Bapak Albert menegaskan bahwa soal-soal yang disusun tersebut akan dikoreksi oleh bapak Siswanto, S.Pd, M.T selaku narasumber pada hari Kamis, 14 Maret 2019. Koordinator PSDM tersebut mengingatkan kepada para guru agar menyerahkan kisi dan soal HOTS sebelum hari Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *