Ayo Mengenal Hari Hutan Se-Dunia

HARI Hutan Internasional merupakan hari hutan sedunia yang mempromosikan pentingnya hutan dan pepohonan dalam kehidupan kita. Hari yang membicarakan isu-isu sentra seperti deforestasi dan pengembalian hutan ke fungsi aslinya.
Dicanangkan lewat resolusi Majelis Umum PBB pada tanggal 28 November 2012, Hari Hutan Internasional diperingati setiap 21 Maret. Setiap tahunnya, para aktifis lingkungan merayakan hari tersebut dengan berbagai acara demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya semua jenis hutan dan pohon diluar hutan, untuk kepentingan generasi saat ini dan masa depan.
Hari Hutan Internasional adalah peringatan sedunia bukan hari libur umum. Berikut fakta penting yang harus diketahui seputar Hari Hutan Internasional:
Latar belakang hari Hutan internasional karena Karena setiap tahun lebih dari 13 juta hektar wilayah hutan hilang, yang ukurannya hampir sebesar Inggris. Hutan memainkan peran penting dalam perubahan iklim termasuk pemanasan global. Deforestasi menghasilkan 12-18 persen emisi karbon dunia – hampir sama dengan semua CO2 dari sektor transportasi global. Sama pentingnya hutan yang sehat merupakan salah satu penyerap karbon primer di dunia
Saat ini hutan mencakupi sekitar sepertiga dari daratan dunia. Sekitar 1,6 miliar orang termasuk lebih dari 2000 budaya pribumi, bergantung pada hutan untuk penghidupan mereka. Hutan sangat penting bagi planet ini karena berbagai alasan seperti:
• Menyediakan tempat berlindung bagi lebih dari setengah spesies hewan darat, tumbuhan dan serangga
• Berkontribusi pada keseimbangan oksigen, karbon dioksida dan kelembaban di udara.
• Melindungi daerah aliran sungai, yang memasok air segar ke sungai.
Merayakan hari hutan sedunia PBB bekerja dengan pemerintah, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum untuk mempromosikan kegiatan lokal dan global untuk Hari Hutan Internasional. Kegiatan tersebut meliputi:
• Kampanye penanaman pohon
• Pameran foto yang melukiskan pentingnya hutan dan pepohonan
• Berbagi infografis, video, berita dan pesan melalui media sosial dan lainnya.
• Katalisator untuk hari hutan merupakan obrolan santai yang berlangsung di Oxford, Inggris pada Februari 2007, diantara dua ilmuwan yang merasa bahwa dunia meremehkan pentingnya hutan dalam mengurangi emisi karbon dan melihat kebutuhan yang mencolok untuk penelitian kehutanan terbaru dan berpikir untuk menginformasikan pembuat kebijakan global dan negosiator UNFCCC. Mereka tidak tahu terlebih dahulu bahwa konferensi tersebut akan menjadi salah satu peristiwa global paling berpengaruh mengenani hutan dan perubahan iklim hari ini.
• Hari hutan pertama diadakan di Bali, Indonesia (2007), hari hutan kedua diadakan di Poznan, Polandia (2008), hari hutan ketiga diadakan di Copenhagen, denmark (2009), hari hutan keempat diadakan di Cancun, Meksiko (2010), hari hutan kelima diadakan di Durban, Afrika Selatan (2011), hari hutan keenam diadakan di Doha, Qatar (2012).
• Pada tahun 2013, hari hutan bergabung dengan hari pengembangan pertanian dan pedesaan untuk membentuk Forum Bentang Alam Global dengan acara peresmian yang diadakan di Warsawa, Polandia bersamaan dengan Konferensi Perubahan Iklim PBB 2013. (Dhiya Awlia Azzahra)***

( diambil dari: www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/03/21/4-fakta-seputar-hari-hutan-internasional-21-maret-421603)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *