Menambah “Modal” menghadapi Ujian Sekolah dan Nasional

Rabu, 20 Maret 2019 sekitar pukul 08.10 WIB semua siswa kelas IX mengikuti motivasi yang disampaikan oleh Bapak Alberto Da Costa, CT., C.Ps. Narasumber adalah direktur Golden Brain Management sekaligus sebagai motivator, trainer, master mind brain, dan pemerhati pendidikan. Beliau sering menjadi narasumber pelatihan kecerdasan otak tengah, seminar motivasi, dan seminar parenting/orang tua.
Pada pengantar pembukaan kegiatan motivasi itu Sr. Dorothea SPM, selaku kepala sekolah menegaskan bahwa sekolah telah secara maksimal mempersiapakan para siswa kelas IX dalam menghadapi Ujian Sekolah atau Nasional, salah satunya dengan menghadirkan Bapak Alberto. Kepala sekolah mengharapkan para siswa dapat memanfaatkan kegiatan itu dengan baik, sungguh-sungguh. Tak lupa beliau juga mengharapkan agar niat dan doa selalu mengiringi setiap persiapan dalam menghadapi US maupun UN.
Sebagai pengantar Bapak Alberto memberikan tips-tips dalam mempersiapkan semua ujian tersebut, di antaranya mengurangi waktu bermain (games, sosmed), belajar dengan rileks, mengerjakan aneka soal latihan, serta selalu diiringi dengan doa. Pada kesempatan itu juga narasumber memberikan bukti jika kita kurang fokus dalam belajar. Bukti-bukti itu dikemas dalam suasana yang’fun’ sehingga para siswa dapat mengikuti dengan suasana yang lebih santai.
Tujuan yang akan dicapai pada kegiatan pagi hingga siang itu adalah bagaimana para siswa bisa fokus belajar, memahami dan harus memiliki tanggung jawab pada orang tua dan Tuhan. Dengan lebih fokus diharapkan para siswa mampu memperoleh nilai yang maksimal. Demikian pula bagaimana siswa menyadari bahwa peranan orang tua perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang lebih besar. Keyakinan serta memberikan rasa percaya diri juga perlu dimunculkan untuk lebih memaksimalkan potensi yang sebenarnya ada pada setiap siswa.
“Semoga dengan motivasi pribadi yang semakin muncul dengan rasa percaya diri para siswa kelas IX yang akan menghadapi US dan UN semakin siap bahkan mampu menunjukkan potensi yang sebenarnya”, ungkap Ibu There selaku koordinator kurikulum. Acara pemberian motivasi itu berakhir sekitar pukul 12.15 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *