Hadapi US dan UN dengan Jurus “Novena”

Sebagai modal untuk menambah keyakinan dalam mempersiapkan US dan UN mulai hari Kamis, 21Maret 2019 semua siswa kelas IX memiliki agenda doa bersama Novena 9 hari berturut-turut. Pembukaan novena itu dilaksanakan di aula yang dipimpin oleh Bapak Fidelis Suhadi selaku koordinator tim kerja Spiritualitas moralitas.
Doa novena adalah doa pribadi atau doa bersama selama sembilan hari berturut-turut yang dipanjatkan guna mendapatkan suatu rahmat khusus, memohon suatu karunia khusus atau menyampaikan suatu permohonan khusus. Novena berasal dari kata Latin “novem” yang artinya “sembilan”. Seperti tampak dalam definisi di atas, novena selalu menyiratkan adanya kepentingan yang mendesak .
Semoga semua doa-doa permohonan para siswa mampu terkabulkan dengan indikator mereka mampu mempersiapkan US dan UN, melaksanakan dengan baik dan akhirnya berbuah prestasi nilai yang memuaskan baik bagi para siswa, orang tua maupun sekolah. Pada hari Sabtu dan Minggu pun doa novena berjalan terus walaupun mereka sebenarnya tidak ada kegiatan di sekolah.
Antusias para siswa terlihat saat hari Sabtu dan Minggu mereka dengan penuh kesadaran terus menjalankan doa novena 9 hari tanpa putus. Menurut Ibu Netta selaku anggota tim kerja Spiritualitas dan moralitas, “Semoga dengan menyandarkan kepasrahan kepada Tuhan melalui doa novena ini para siswa kelas IX semakin memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi US dan UN,” demikian ungkap beliau sambil membereskan peralatan doa novena pada hari Minggu, 24 Maret 2019. Doa novena akan berakhir pada hari Jumat, 29 Maret 2019 sekaligus ditutp dengan Misa Ekaristi dengan intensi permohonan kesuksesan siswa kelas IX dalam mengerjakan US dan UN
Sebagai tambahan informasi sekilas tenyang doa novena yang dilakukan para siswa kelas IX adalah Sekitar abad ke 11, Doa Novena sudah menjadi sangat populer di kalangan kristen. Doa Novena digunakan baik untuk masa berduka, doa pengampunan, maupun doa permohonan pribadi. Paus Pius IX adalah yang meresmikan Doa Novena sebagai doa resmi gereja katolik. Ada berbagai jenis doa novena. Doa Novena bukan saja ditujukan kepada Bunda Maria, namun juga Yesus Kristus dan Santo-Santa yang lain. Adapun tujuan novena bukan hanya untuk memohon pertolongan saja, tetapi juga untuk pengampunan dosa, puji-pujian, dan juga untuk doa menjelang waktu-waktu khusus seperti natal, paskah, atau masa puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *