TIPS Menghadapi UNBK 2019 Bagi Siswa Kelas IX

Kamu sudah tahu bahwa soal-soal yang akan kalian hadapi pada UNBK nanti termasuk soal yang berlabel HOTS, soal ini mempunyai level yang lebih tinggi dibandingkan LOTS? HOTS membutuhkan kemampuan menganalisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi. Untuk itu, kamu harus benar-benar paham mengenai sebuah konsep materi. Kamu tidak bisa hanya menghafal atau mempelajari rumus cepat. Kamu harus mengetahui makna dari sebuah definisi, dari mana datangnya sebuah rumus, hingga mengaitkan satu bab dengan bab-bab lain yang sudah dipelajari sebelumnya.
Soal UNBK berbentuk HOTS akan lebih sulit dibandingkan soal-soal UNBK biasanya. Jadi kamu harus mulai membiasakan diri dengan belajar dari soal-soal seperti itu karena lebih sulit serta menggunakan tipe soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi. Kamu juga bisa memahami konsep suatu materi dengan lebih baik. Sebab, di ruangbelajar kamu akan diajarkan bagaimana cara mengerti konsepnya dan nggak hanya menghafal materi.
Tipe soal HOTS yang baru ini mungkin akan membuatmu makin pusing dan bingung harus belajar darimana. Nah, supaya kamu nggak bingung dan bisa belajar lebih terarah, coba deh pelajari kisi-kisi soal UNBK 2019 yang sudah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi kamu jadi tahu apa saja Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kamu bisa lebih fokus belajar untuk materi yang akan diujikan. Tentunya jadi lebih efektif ‘kan? Yuk, lihat kisi-kisi UNBK 2019
Mempersiapkan diri menghadapi ujian yang semakin dekat pastinya membuat jadwalmu semakin padat. Kamu juga bisa stres akibat tekanan yang mengharuskan kamu memahami seluruh materi dan keinginan untuk mendapatkan nilai sempurna. Psst, belajar tidak selamanya bikin kamu stres kok. Kamu bisa mencari sumber belajar yang lebih menyenangkan dari berbagai sumber. Video yang beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis bikin belajar jadi seperti main game. Kamu juga bisa lebih cepat memahami konsep materi dari visualnya yang menarik. Belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan ‘kan?
Pada UNBK 2019 mendatang, jumlah soal HOTS akan berjumlah antara 15 sampai 20 persen dari keseluruhan soal. Maka, kamu perlu strategi untuk mengerjakan soal-soal UNBK ini. Ingatlah bahwa tidak semua soal UNBK adalah soal sulit. Biasanya, soal akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu sulit, sedang, dan mudah. Buatlah tanda untuk ketiga kategori soal ini di secarik kertas yang sudah kamu beri nomor. Kamu bisa memberikan tanda silang (×) untuk soal kategori sulit, tanda bulat (Ο) untuk soal kategori sedang, dan tanda centang ( ) untuk soal kategori mudah.
Tanda ini akan memudahkan kamu saat akan kembali mengerjakan soal-soal yang belum kamu jawab sebelumnya. Kamu jadi tahu, mana soal yang perlu kamu pikirkan ulang dan mana soal yang benar-benar tidak bisa kamu jawab. Dengan memberi tanda, kamu juga bisa mengira-ngira berapa nilai yang akan kamu dapatkan setelah mengerjakan semua soalnya.
Tidak ada yang sulit kok jika kamu sudah belajar dengan maksimal. Berusahalah sekeras mungkin, agar kamu tidak menyesal dan bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Menangis sekarang, bahagia kemudian! Jangan lupa juga ya untuk menonton video beranimasi, berlatih soal, dan mengulang kembali materinya melalui rangkuman berbagai sumber belajar.
Tips yang tak boleh dilupakan adalah adanya ketenangan batin dan rasa percaya diri bahwa kamu akan bisa mengerjakan-soal-soal. Ketenangan batin erat hubungannya bagaimana kita membangun relasi dengan Tuhan melalui doa-doa dan kepasrahan setelah semua persiapan kita lakukan dengan maksimal. Termasuk bagaimana kita harus mengeluarkan semua potensi diri dengan memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa kalian bisa dan mampu dalam menghadapi dan mengerjakan soal-soal tersebut. Semoga dengan semua itu kalian bisa memperoleh hasil masimal…selamat mempersiapkan UNBK Kakak kelas IX! GBU All..

(disarikan dari: https://blog.ruangguru.com/tips-sukses-mengerjakan-soal-hots-di-ujian-nasional-un-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *