SUPERNOVA semangat MPLS 2019-2020

Sebelum MPLS dilaksanakan, pada hari Sabtu, 13 Juli 2019 dilaksanakan Pra MPLS yang diisi dengan Latihan upacara pembukaan MPLS dan tahun pelajaran baru, pengantar dan latihan jingle MPLS, Perkenalan dengan para wali kelas VII, serta pembagian seragam. Pra MPLS dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Senin, 15 Juli 2019 sekitar pukul 06.00 WIB para siswa kelas VII, VIII, dan IX mulai berdatangan di SMPK Santa Maria II setelah mereka libur tahun pelajaran termasuk para orang tua kelas VII yang mengantar putra-putri  mereka mulai sekolah di tingkat SMP. Para pengurus OSIS dengan setia juga menyambut adik-adik kelas VII dengan mengantarkan mereka ke barisan sebelum mengikuti upacara bendera sekaligus pembukaan MPLS dan tahun pelajaran 2019-2020.

Materi MPLS hari pertama adalah pemaparan Visi Misi sekolah yang disampaikan langsung oleh kepala sekolah, Sr. M. Dorothea SPM, SPd, pemaparan tata terib siswa , memperkenalkan mars sekolah dan lagu-lagu nasional, pemaparan bidang kesiswaan, wawasan wiyata mandala, pemaparan bidang kurikulum, serta membuat yel-yel kelas sekaligus persiapan atraksi inaugurasi ada akhir penutupan MPLS. Sebelum siswa mengakhiri MPLS hari pertama sekitar pukul 14.00 WIB mereka mendapatkan petunjuk teknis kegiatan MPLS hari kedua yakni outbond di lokasi Biara Pasionis Loandeng.

MPLS hari kedua pada Selasa, 16 Juli 2019 diisi dengan kegiatan PBB dan outbond. Para siswa kelas VII berangkat dari sekolah dengan menggunakan angkutan kota yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Setiap kendaraan memuat antara 8 sampai 10 siswa dengan 1 guru pendamping. Robongan berangkat dari sekolah sekitar 07.45 WIB. Narasumber PBB pada MPLS tahun ini didukung personel TNI AD dari Kostrad Singosari yang berjumlah 6 personel. Materi PBB meliputi dasar baris berbaris dan latihan upacara. Para siswa kelas VII berlatih PBB sampai pukul 10.30 WIB

Selesai latihan PBB dan upacara bendera para siswa berjalan dari lapangan depan menuju tempat outbond yang berada di halaman belakang  lokasi biara Pasionis. Sebelum melaksanakan outbond para siswa istirahat sebentar dengan makan minum snak yang telah disediakan panitia MPLS. Outbond dimulai sekitar pukul 11.00 WIB, setiap kelas dibagi menjadi 4 kelompok yakni 2 kelompok putera dan 2 kelompok puteri , setiap kelompok akan mengalami 10 jenis aktivitas outbond, menurut koordinator  outbond semua permainan yang dipersiapkan memiliki makna kebersamaan dalam mencapai tujuan.

Pukul 14.15 WIB semua aktivitas permainan outbond selesai dituntaskan oleh semua kelompok siswa kelas VII. Tepat pukul 14.45 WIB dilanjutkan dengan persiapan acara tampilan inaugurasi, masing-masing kelas yang dipimpin oleh para wali kelas dibantu oleh pengurus OSIS. Menurut koordinator  inaugurasi Bapak Beni, persiapan di Loandeng berjalan sesuai target yang ditentukan yakni posisi kesiapan masing-masing tampilan sudah mencapai  90%. Sesuai dengan jadwal maka pukul 15.30 WIB para siswa kembali ke sekolah dengan transportasi angkutan kota.

Rabu, 17 Juli 2019 siswa kelas VII melanjutkan MPLS sebagai hari terakhir yang diisi dengan pengarahan materi cara belajar yang baik oleh masing-masing wali kelas, Mengenal lingkungan sekolah dibawah koordinasi  pembina OSIS yakni Ibu Deka dengan mengunjungi masing-masing tempat dan fasilkitas yang dimilki oleh sekolah, materi religiusitas, adiwiyata, dan pemantapan yel-yel kelas sekaligus tampilan/atraksi setiap kelas. Selain aktivitas siswa kelas VII pada pukul 13.30 sampai pukul 15.30 WIB dilaksanakan sosialisasi program sekolah di aula. Pukul 15.45 WIB dimulai acara inaugurasi yang diisi oleh penampilan masing-masing ekstrakurikuler dan tampilan siswa kelas VII. Acara berlangsung cukup meriah dengan keterlibat siswa kelas, IX, VIII, dan VII. Pada akhir inaugurasi dilakukan seremonial serah terima  dari orangtua siswa kelas VII kepada sekolah yang diterima langsung oleh Sr. M. Dorothea SPM, S.Pd. Sekitar pukul 18.15 semua rangkaian acara MPLS bagi siswa kelas VII berakhir , “Semoga MPLS dengan semangat Supernovanya memberikan pemahaman, makna serta kecintaan terhadap sekolah baru para siswa kelas VII dan orang tua mereka”, ungkap Pak Tri selaku Humas sambil meninggalkan lapangan usai kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *