KEMERIAHAN HUT KE-67 SMPK SANTA MARIA II

Sabtu, 27 Juli 2019 diadakan jalan sehat sebagai kegiatan awal memeriahkan hari ulang tahun sekolah tepatnya  pada tanggal 1 Agustus  yang diikuti keluarga besar SMP Panderman mulai dari siswa kelas VII, VIII, IX, para guru/karyawan,  orang tua siswa, alumni bahkan masyarakat sekitar dan umum.  Pada acara tersebut secara garis besar ada tiga kegiatan yakni senam  zumba bersama, jalan sehat, bazar, dan panggung hiburan.

Mengawali kegiatan tersebut para siswa berbaris rapi di sepanjang jalan Panderman  sesuai dengan barisan kelas yang sudah di persiapkan dari lapangan sekolah  dilanjutkan dengan doa pembukaan  yang dipimpin oleh Sr. Angeline, SPM. Sebagai kegiatan pembuka, panitia mengajak seluruh peserta jalan sehat untuk melakukan pemanasan dengan senam zumba bersama. Sekitar 30 menit senam dengan iringan musik yang energik.

Setelah senam zumba bersama selesai, sebagai pembukaan jalan sehat  marching band Santa Maria menunjukkan keterampilannya baik dalam musik maupun formasi sekitar 15 menit. Selanjutnya Sr. M. Dorothea, SPM memberikan kata pengantar sebelum beliau mengibarkan bendera start jalan sehat. Pada sambutannya mantan kepala SMPK Mater Dei Pamulang tersebut mengajak semua peserta jalan sehat untuk membangun kebersamaan sebagai keluarga besar SMPK Santa Maria II yang memiliki  hubungan emosional yang konstrukstif sekaligus selalu bersyukur atas eksistensi sekolah yang sudah berusia 67 tahun.

Urutan jalan sehat diawali dengan kelompok atraksi budaya bantengan, kendaraan yang mengangkut para siswa yang berpakaian daerah, kendaraan musik marching band, dan peserta jalan sehat. Jalan sehat pada pagi itu menempuh jarak kurang lebih sekitar 5 km dengan rute jalan Wilis, jalan Ijen, Jalan Simpang Jakarta, Jalan Gede, Jalan  Wilis, dan masuk jalan Telomoyo.  Jalan sehat dari garis start sampai garis finish berjalan dengan tertib terlebih setiap kelompok diikuti oleh beberapa guru serta para orang tua.

Selesai menuntaskan jalan sehat semua peserta masuk ke halaman dalam sekolah untuk menikmati bazar dan panggung hiburan. bazar dikuti oleh pihak luar sekolah, diantaranya stand sate, mie, sedangkan dari pihak intern diisi oleh stand komite sekolah (P4), guru, dan stand kelas yang berjumlah 8 stand. Keunikan yang ada pada bazar tersebut adalah panitia menawarkan kepada kelas untuk ikut berpartisipasi sehingga moment tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran kewirausahaan sesuai dengan rencana para siswa dengan para wali kelas.

Di tengah transaksi di bazaar, panggung gembira menampilkan beberapa atraksi di antaranya dance, wushu, tari daerah, budaya bantengan, band guru dan siswa serta diselingi dengan pengundian doorprice berjumlah 170an item hadiah yang disiapkan oleh panitia termasuk dua hadiah utama berupa sepeda gunung. Pada pengundian hadiah utama dimenangkan oleh  istri bapak Dendy (satpan sekolah) dan Dave siswa kelas  9. “Wah…senang saya…istri saya dapat undian hadiah utama”, ungkap pak Dendy sambil menuntun hadiah utama yang didapatkan oleh istrinya sambil tersenyum bahagia.

Sebelum semua rangkaian acara hari Sabtu tersebut  diakhiri,  bapak Fidelis Suhadi meminpin doa penutup, dalam doa tersebut diungkap harapan agar SMPK Santa Maria tetap eksis dalam meramaikan dan berperan dalam membina generasi muda yang semakin berkualitas. Sesuai dengan rencana, salah satu kegiatan memeriahkan HUT ke-67 SMPK Santa Maria II berakhir pukul 11.00 WIB. “Semoga kemeriahkan HUT sekolah semakin meningkatkan semangat bagaimana sekolah ini harus selalu terpacu dalam meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dalam memberikan pendampingan kepada para siswa termasuk bekerja sama dengan orang tua siswa”, ungkap Pak Joseph Andiek sambil meringkas peralatan band bersama dengan beberapa siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *