SUHU DINGIN KOTA MALANG MASIH BERLANJUT

Pada awal bulan Agustus 2019 ini fenomena suhu Kota Malang yang dingin masih berlanjut sejak  bulan Juni lalu bahkan semakin terasa dingin, seperti yang terpantau melalui laman resmi BMKG. Data terendah mencapai suhu terendah yakni 15 derajat celcius pada dini hari yang membuat Bumi Arema tersebut semakin dingin saja.

Ternyata dibalik semakin dinginnya suhu di Kota Malang, ada penjelasan ilmiahnya, seperti yang disampaikan oleh pihak BMKG Kota Malang berikut ini. Suhu dingin yang melanda Malang Raya Jawa Timur, dalam sepekan terakhir diperkirakan mencapai kisaran 15 hingga 16 derajat celcius.

Menurut data Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso Kabupaten Malang. Meski begitu, suhu tersebut belum menjadi yang terendah di wilayah Malang Raya. Lantaran sekitar dua puluh tahun yang lalu, suhu di wilayah tersebut pernah mencapai 14 derajat.

Rekor suhu terdingin kota Malang mencapai 14 derajat tercatat sekitar tahun 1990-an dari data Kepala Stasiun BMKG Karangploso Kabupaten Malang Aminudin Al Roniri. Amin melanjutkan, suhu terendah itu akibat pergantian musim, dari penghujan ke kemarau. Hal ini rutin terjadi setiap tahunnya. Namun, suhu terendah diakuinya baru terjadi tahun ini dan dimungkinkan bakal lebih dingin lagi.

“Suhu musim kemarau identik dengan suhu dingin, adem tapi kering. Ini karena RH atau kelembaban udara rendah,” urainya.Musim kemarau, masih kata Amin, posisi matahari berada di utara paling jauh. Sedangkan Indonesia, Malang khususnya, berada di belahan bumi selatan. Letak atau kondisi geografis Malang juga menjadi faktor suhu semakin dingin, karena letaknya sekitar 600 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Letak geofrafis yang tinggi dari permukaan laut maka daerah itu akan semakin dingin. Kota Batu misalnya. Juga tak heran di kawasan Bromo dilaporkan sampai ada fenomena es. Suhu dingin diprediksi akan terjadi di puncak kemarau, Agustus mendatang. BMKG mengimbau masyarakat memakai jaket tebal. Selain itu disarankan memakai pelembab, karena suhu dingin bisa berdampak pada kulit yang kering dan bibir pecah- pecah.

Dalam kondisi yang seperti ini, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan, misalnya dengan mengatur pola makan dan pola hidup. Lantaran, jika tidak mengatur dua hal tersebut maka tubuh akan rentan terserang oleh penyakit. Pastikan memakai pakaian yang hangat, kaos kaki, syal atau aksesories penghangat tubuh ditengah cuaca yang dingin. Dengan memakai pakaian yang tebal tubuh akan hangat dan suhunya terkontrol.

Selain menggunakan pakaian tebal, diperlukan juga mengkonsumsi makanan yang hangat dan sehat. Suhu cuaca yang dingin seperti ini, makanan hangat sangat dibutuhkan oleh tubuh agar kondisi tetap nyaman. Diperlukan meminum vitamin ataupun suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. makanan yang baik untuk dikonsumsi dan berkhasiat untuk menghagatkan tubuh adalah wortel, jeruk, jambu biji, jahe dan bawang putih, daging dan telur ayam, madu, kacang – kacangan, kentang, bayam dan yogurt.

                                                                                                    (diringkas dari berbagai sumber)    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *