Literasi IT SMPK Santa Maria II

Literasi IT adalah literasi menggunakan komputer serta internet, Literasi IT dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan juga melakukan evaluasi pada media digital serta bisa merancang konten komunikasi. Literasi IT menjadi hal yang sangat penting un­tuk mendukung kegiatan pen­didikan. Teknologi Informasi diterapkan guna meningkatkan pengelolaan informasi karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, karena pengaruh informasi internasi­onal (global), dan karena per­lunya waktu tanggap (respons time) yang lebih cepat dalam menyelesaikan masalah atau ke­butuhan administratif.

Dengan Literasi IT  maka pengetahuan siswa akan meningkat pesat . Karena Siswa tidak lagi mencari sum­ber belajar hanya dari guru saja tetapi juga dari internet, bahkan bukan tidak mungkin referensi siswa lebih banyak dari guru­nya. Oleh karena itu pendidik harus dapat berperan sebagai fasilitator yang handal dalam membimbing siswanya. Untuk itu dibutuhkan Literasi IT yang mapan bagi pendidik, dengan terus menempa diri dalam men­guasai teknologi informasi.

Ketika guru menampilkan Presentasi menggunakan powerpoint itu sudah dianggap Literasi IT karena siswa membaca isi presentasi melewati perangkat LCD .Program Literasi IT yang telah diterapkan di SMPK Santa Maria 2 adalah Redaton (Reading Marathon) yaitu membaca sebuah buku atau artikel dari komputrer atau internet secara cepat kemudian siswa harus menuliskan Analisis intisari dari artikel yang dibaca.

Mungkin kita pernah men­dengar “Sekolah tanpa Ker­tas” atau biasa disebut dengan “School with Paperless” Sekolah Tanpa Kertas adalah wujud klimaks dari literasi IT. Pendidik dan siswa cukup hanya mem­bawa tablet atau laptop dalam pembelajaran di kelas. Tidak perlu lagi LKS atau buku pela­jaran yang bertumpuk, namun cukup menggunakan e-book dan pengerjaan soal-soal dilaku­kan secara digital atau bentuk telecomperent.

(artikel dibuat dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *