Ayo Mengenal Virus Corona

Virus corona merupakan sebuah keluarga virus yang cukup besar yang menyebabkan penyakit ringan yang sering kita jumpai sehari-hari seperti common cold hingga penyakit yang cukup berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Mengapa disebut virus corona? Karena apabila dilihat menggunakan mikroskop elektron keluarga virus corona ini berbentuk bulat seperti corona matahari, dari situlah namanya berasal.

Secara umum sebagian besar jenis virus dari keluarga ini tidak berbahaya, dan menyebabkan infeksi di daerah sistem pernapasan seperti hidung, sinus atau kerongkongan. Namun demikian ada beberapa jenis virus corona yang menyebabkan penderitanya terjangkit penyakit berbahaya.

Virus corona merupakan virus zoonotic, yang mana dapat berpindah dari hewan ke manusia, namun beberapa virus corona yang diketahui hanya berpindah pada hewan tanpa menginfeksi manusia. Secara umum tanda dari infeksi virus corona adalah demam, batuk dan kesulitan bernafas.

Wabah Coronavirus 2020 di Wuhan

Pada 31 Desember 2019, dilaporkan terjadi beberapa kasus pneumonia di Kota Wuhan yang selanjutnya mewabah di daerah tersebut. Kemudian diketahui penyakit ini disebabkan oleh virus corona baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya menginfeksi manusia. Laporan terakhir WHO pada tanggal 29 Januari 2020 menyatakan bahwa secara global terdapat 6.065 kasus yang terkonfirmasi, dimana 5997 kasus berasal dari Tiongkok dan 68 kasus tersebar pada 15 negara lain di Asia, Eropa dan Timur Tengah. Sebanyak 132 korban meninggal diakibatkan oleh wabah virus corona baru ini.

Kelelawar dicurigai sebagai hewan inang, sumber penyebaran dari virus corona yang sedang mewabah ini. Dimana diketahui bahwa kelelawar sering dijadikan santapan eksotik di kota Wuhan.

Bagaimana melindungi diri dari infeksi virus?

Ada beberapa langkah yang juga disarankan oleh WHO sebagai tindakan antisipasi untuk melindungi diri dari infeksi virus, diantaranya :

  1. Sering-sering mencuci tangan dengan bersih dan benar menggunakan sabun dan air.
  2. Jika bersin atau batuk tutup dengan tisu atau bagian dalam siku dan segeralah mencuci tangan.
  3. Hindari kontak dengan orang-orang yang menunjukkan gejala demam atau batuk.
  4. Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas segera laporkan pada tenaga kesehatan.
  5. Hindari kontak dengan hewan yang dicurigai inang pembawa penyakit.
  6. Hindari mengkonsumsi produk hewani yang belum dimasak dengan matang.

(diambil dari https://kumparan.com/lampu-edison/yuk-mengenal-virus-corona-1sk8EsO3vGz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *