KEMAH RAYA SMPK SANTA MARIA II MALANG

kem-akb

Sebagai  ikon kegiatan pramuka SMPK Santa Maria II pada tahun pelajaran 2016-2017 dilaksanakan Kemah Raya yang diikuti oleh semua siswa kelas IX. Perkemahan tahun ini bertempat di  bumi perkemahan Wisma Betlehem, Jedong-Wagir, Kabupaten Malang. Kegiatan dilaksanakan mulai hari Kamis, 25 sampai Sabtu 27 Agustus 2016. Menurut koordinator kegiatan, Kak Petrus Yumartanta Kemah Raya tahun ini mengangkat tema “Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan” dengan tujuan meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, memperkenalkan kehidupan dan mencintai alam, melatih kerjasama antar penggalang  dengan kakak Pembina,  serta semakin mengenal jati diri lebih mendalam

Kemah Raya tanun 2016 diikuti oleh 209 siswa dengan didukung 12 Pembina dan 8 Pendamping. Keberangkatan menuju lokasi panitia menggunakan 6 truk dari Bekang V Brawijaya. “Ini pengalaman yang tak terlupakan Kak”, ungkap Tony sambil berpegangan tali saat truk tentara tersebut mulai berangkat ke lokasi sekitar pukul 12.30 WIB. Menurut Ade, salah satu peserta kemah raya, ia sangat merindukan acara tersebut walaupun diselingi dengan berbagai pertanyaan dan kecemasan terkait dengan acara jurit malam yang pernah ia dengar dari kakak-kakak kelas sebelumnya.

Kemah raya diawali dengan apel pembukaan yang langsung dipimpin oleh Kamabigus SMPK Santa Maria II yaitu Sr. M. Dorothea Dupa Doren, SPM, S.Pd sekitar pukul 15.30 WIB dengan membunyikan sirene dan pelepasn 2 ekor burung merpati. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada kemah raya diantaranya apel pembukaan, pembekalan mental, jalan-jalan malam, penjelajahan, rekreasi (permainan), api unggun, dan berbagai games fun antar regu. Pada pelaksanaan setiap kegiatan para peserta tampak penuh semangat dan antusias menjalaninya, ini terlihat pada pergantian acara para penggalang telah siap untu mengikuti acara-acara berikutnya.

“Kita semua patut bersyukur karena selama 3 hari ini kalian masih dalam keadaan sehat, serta banyak memiliki  pengalaman baru”,  demikan salah satu ungkapan Sr. Dorothea D. Doren SPM, S.Pd saat menutup Kemah Raya pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 pukul 12.30 WIB. Selesai apel penutupan para peserta makan siang bersama. Semoga acara Kemah Raya pada tahun-tahun mendatang semakin menunjukkan kualitas serta  aneka kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan para adik-adik penggalang khusunya dalam mempersiapkan diri sebagai pramuka penegak. (T.Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *