KAMPANYE DAN PEMILIHAN KETUA OSIS

pemilu

Kampanye calon ketua OSIS SMPK Santa Maria II tahun 2016-2017 dilaksanakan  mulai hari Senin, 3 Oktober ampai Kamis, 6 Oktober dengan penyampaian motto, visi dan misi, serta program andalan masing-masing calon ketua OSIS yang diikuti oleh 4 calon ketua OSIS, yaitu Jason Tambayong, Adhi Kurnia, Michael Stalion, dan Marcellino Dimas. Masing-masing calon mencoba membentuk tim sukses yang akan mendampingi mereka saat menyampaikan kampanye di saat jam istirahat I dan II. Setelah masa kampanye selesai dilanjutkan dengan pencoblosan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Oktober 2016 secara bergantian mulai jam pelajaran pertama sampai terakhir.

Pembelajaran demokrasi kepada siswa SMPK Santa Maria II Malang menggelar pemilihan ketua OSIS. Kegiatan yang mengadopsi sistem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU ini di dahului oleh penyampaian Visi dan Misi calon ketua OSIS di hadapan seluruh siswa. Mekanisme pemilihan ketua OSIS merupakan agenda tetap pengurus OSIS . Setiap  siswa bergantian memberikan hak suaranya  di mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX dan Guru, sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik, tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS dijamin kerahasiannya.

Moment ini cukup menarik bahkan bisa dibilang unik. Pasalnya sistem yang digunakan dalam pemilihan Ketua OSIS mengadopsi sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilhan umum, dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang diberi nomor sesuai dengan nomor urut yang dimiliki oleh masing-masing calon. Selanjutnya pemilih memberikan hak suara dengan cara mencontreng salah satu nomor sesuai dengan nomor urut Calon Ketua OSIS yang dijagokan, dan setelah itu surat suara yang telah dicontreng dimasukan ke dalam kotak suara. Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap usai memberikan hak suaranya para pemilih wajib mencelupkan jari kedalam wadah yang berisi tinta.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan menggunakan sistem pemilu ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Sehingga kedepanya saat menghadapi Pemilu para siswa tidak canggung lagi, karena telah memiliki pengalaman pada saat di sekolah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa. Bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat  menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua OSIS yang nantinya terpilih  diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi teman-temanya.

Setelah pelaksanaan pencoblosan berakhir dilanjutkan dengan penghitungan suara dengan hasil sebgai berikut:

  1. Jason Tambayong : 131 suara
  2. Adhi Kurnia : 108 suara
  3. Michael Stalion : 271 suara
  4. Marcellino Dimas :   56 suara

Dengan suara sah sebanyak 566  dan suara tidak sah 37. Dengan demikian pada hari Jumat, 7 Oktober 2016  Michael Stalion menjadi calon ketua OSIS yang sah dari hasil pencoblosan pemiliha ketua OSIS tahun periode 2016-2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *