LKTD Tahap I: “Membangun karakter calon-calon pemimpin bangsa yang handal dan berkualitas”

lktd

Sabtu dan Minggu tanggal 10 dan 11 September 2016 para calon pengurus OSIS melaksanakan LKTD (Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar) di Petungsewu Wildlife Education Centre (P-WEC). Peserta sudah bersiap di sekolah sekitar pukul 14.00 WIB, diawali dengan breefing persiapan di lapangan basket yang dipandu oleh Bapak Beni bersama Bapak Trianto. Peserta LKTD tahap I berangat ke P-WEC dengan menggunakan 4 mobil hasil kerjasama dengan Paguyuban Antar Jemput Wira-Wiri yang dikoordinir oleh Bapak Ambon.

Tiba di tempat sekitar pukul 15.30 WIB dengan jumlah peserta 35 calon pengurus OSIS dengan 9 pembina, termasuk kepala sekolah Sr. Dorothea D. Doren, SPM. Setelah pembagian kamar para peserta mempersiapkan diri untuk mengikuti apel pembukaan. Pada kesempatan tersebut kepala sekolah menekankan bahwa para peserta hendaknya memanfaatkan  kesempatan LKTD ini dengan baik yang pada akhirnya nanti bisa diharapkan mampu menempatkan diri dengan skill kepemimpinan yang bisa diterapkan saat mereka melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengurus OSIS.

Setelah apel pembukaan dilanjutkan dengan materi ice breaking, MENGENAL Potensi Diri, Kecerdasan Emosional, Memimpin Orang Lain, Sacred Path (Hidup dengan nilai) sebagai materi pada hari pertama. Sebagai materi pada hari kedua lebih menkankan pada skill motorik diantaranya trakking dan leadership Race, menurut ibu Margaretha selaku Pembina OSIS materi pada hari kedua ini siswa diajak untuk lebih nyata bisa mengenal dan mengetahui aktivitas antar teman dengan demikian meraka diharapkan nantinya akan mampu menjadi anggota tim kerja yang solid.

Masih menurut Pembina OSIS SMPK Santa Maria II Malang tujuan dari LKTD ini adalah:

  1. Menumbuhkan sikap kepemimpinan, tanggiung jawab, kemandirian, keberanian, kesetiaan, kegigihan dan keuletan
  2. Menumbuhkan dan mengekspresikan bakat yang dimiliki
  3. Menumbuhkan leadership, sifat kritis dan peka
  4. Mampu bekerjasama, berpikir positif sehingga mampu merangsang daya kreatif
  5. Menjadikan pengurus OSIS dari tahun ke tahun semakin berkualitas

Untuk membentuk kepengurusan OSIS tahun ajaran 2016/2017  SMPK Santa Maria II Malang mempersiapkan kelas VII dan kelas VIII untuk ikut serta dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan ini. Wali kelas dibantu beberapa guru melakukan pengamatan terhadap siswa yang memiliki potensi dibidang kepengurusan OSIS. Salah satu peserta LKTD dari kelas VII B Sheva,  mengatakan bahwa latihan kepemimpinan tingkat dasar  ini memberikan dampak positif kepada calon-calon pengurus OSIS. Dia juga menyampaikan bahwa pada latihan dasar kepemimpinan ini peserta diajarkan kekompakan pada sebuah team work, kedisiplinan, kepercayaan, kemandirian, sikap pantang menyerah dan keberanian menghadapi situasi apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *