Audit Eksternal ISO 9001:2008

audit

Jumat, 18 November 2016, SMPK Santa Maria II Malang kedatangan tamu istimewa yaitu auditor eksternal, Ibu Yenny, yang sudah pernah mengaudit sekolah kami kali ketiga bertugas melakukan audit penerapan ISO 9001: 2008. Sertifikat ISO 9001:2008 kami dapatkan dari  PT URS telah berumur sekitar 6 tahunan semenjak kali pertama menerapkan system manajemen tersebut . Auditor PT URS  akan  melakukan audit secara berkala setiap  semester. Pada audit eksternal  semester ganjil ini berfokus pada bidang TM, MR, PSDM, Kurikulum, Kesiswaan, dan Spiritualitas Moralitas. Opening meeting dilaksanakan pukul 09.45 di Ruang kegitan yang dihadiri oleh para koordinator tim kerja yang akan di audit ditambah dengan beberapa guru yang pada saat itu tidak ada jam mengajar.

Seperti yang selalu disampaikan pada saat opening meeting pihak auditor eksternal selalu menyampaikan tujuan dari audit eksternal tersebut, menurut Ibu Yenny adalah untuk memantau pelaksanaan system manajemen mutu ISO yang telah diterapkan oleh sekolah ini. Sedangkan tujuan sekolah bersertifikasi ISO 9001:2008 adalah untuk menjalankan proses standarisasi dalam pelaksanaan kegiatan manajemen di sekolah. Dan tolok ukur keberhasilan kegiatan ini terutama pada kepuasan pelanggan (Siswa, Orang Tua serta Masyarakat). Dalam audit, yang dilakukan oleh auditor adalah memeriksa kesesuaian data POS (Prosedur Operasi Standar) yang telah dibuat oleh setiap unit kerja (TM, MR, PSDM, Kurikulum, Kesiswaan, dan Spiritualitas Moralitas) dengan  data-data kegiatan yang dimiliki atau disebut dengan Catatan Mutu. Catatan Mutu merupakan kumpulan dokumen bukti fisik yang dibuat mulai dari perencanaan, pelaksanaan ,hasil serta evaluasi dari tiap-tiap unit kerja yang terlibat.

Jadi pada prinsipnya, penerapan ISO 9001:2008 bertujuan agar selama proses yang terjadi pada manajemen ditiap unit kerja dapat dipantau mulai dari tahap perencanaan kegiatan, pelaksanaan, monitoring dan umpan balik / evaluasi hasil. Dengan pelaksanaan sertifikasi ini semoga kedepan proses manajemen disekolah menjadi lebih tertata rapi demi kepuasan siswa serta masyarakat yang merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan program ini. Selain itu banyak hal baru yang kami dapat ,terutama tentang pengelolaan manajemen sekolah.

Pada akhir audit sekitar pukul 16.15 WIB yakni closing meeting Ibu Yenny langsung memberikan laporan dari hasil audit tersebut yang pada intinya system manajemen ISO yang diterapkan oleh SMPK Santa Maria II masih bisa berlanjut untuk diterapkan dengan beberapa cataan untuk ditindaklanjuti. Pada closing meeting tersebut dihadiri hampir semua bapak ibu guru dan karyawan. Pada kesempatan itu Ibu El Kris Yuliana selaku MR mengucapkan terima kasih atas masukan dan ditemukannya beberapa temuan untuk ditindaklanjuti dengan perbaikan, yang pada prinsipnya semua itu demi menjaga eksistensi pelaksanaan system manajemen ISO yang sudah diterapkan oleh SMPK Santa Maria II ini. (T. Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *