RETRET GURU DAN KARYAWAN 2016 “Berbuah dalam Hidup dan Karya”

Kamis, 24 November 2016 dengan menggunakan bus Medali Mas sebanyak 54 guru dan karyawan berangkat menuju Rumah Retret  Griya Wacana milik SVD di daerah Laduk, Tretes Pasuruan. Pada pembukaan retret Sr. Dorothea SPM mengingatkan para peserta retret bahwa manusia membutuhkan Tuhan, retret sebagai bentuk kegiatan yang dirindukan dengan harapan kita semua akan mendapatkan buah-buah rohani sesuai dengan pribadi masing-masing. Pada retret ini Pak Fidelis Suhadi selaku koordinator kegiatan mengajak semua peserta untuk mampu kerjasama dalam menjalani setiap aktivitas retret.

Sebagai pembimbing retret Romo Goris, SMM dibantu oleh Buder Lambert SMM. Pada pembukaannya juga romo asli Flores itu mengajak semua peserta untuk mempersiapkan hati dan diri dengan meninggalkan segala beban kehidupan di luar aktivitas retret. Romo yang bertugas sebagai dosen STFT pada session I menggali materi  bagaimana kita harus selalu mencari dan membaharui semangat hidup untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Selesai makan malam peserta diajak untuk merefleksikan, mengekspresikan diri dan sharing mengenai hidup dan karya yang berbuah, dengan kegiatan menjawab pertanyaan, menggambar dan mensharingkan dengan kelompok kecil. Setelah itu dilanjutkan dengan adorasi (terpimpin) yang dipandu oleh romo Goris. “Adorasi ini semakin mengingatkan kita akan penderitaan dan pengorbanan Tuhan akan kelemahan kita sebagai manusia,” ungkap bu Rossa sambilmeninggalkan kapel menuju kamar untuk beristirahat.

Pada hari Jumat, 25 November agenda kegiatan dimulai dengan olah raga bersama dan game (outdoor terpimpin) yang menggali kebersamaan hati antar peserta retret dengan berbagai aktivitas kegiatan. Pada hari ke dua ini materi yang dibahas adalah menyediakan tanah yang subur bagi pertumbuhan sabda Tuhan dalam hidup dan karya. Salah satu acara yang paling menyenangkan adalah visualisasi kelompok tentang benih yang ditanam di jalan, bebatuan, semak belukar, dan tanah subur. Sebelum istirahat siang ditutup dengan Ekaresti.

Sore harinya melanjutkan materi Menjadi Hidup dan Karya Sebagai Oase Kerahiman dengan kegiatan refleksi, ekspresi diri, dan sharing terkait dengan gambaran kantung-katung baru dalam kehidupan. Pada materi ini kita diajak untuk mau membaharui diri dengan symbol kantung baru untuk menampung anggur kehidupan, dimana kita harus mampu fleksibul dan mau membuka diri untuk kemajuan dan peningkatan kualitas hidup kita.

Pada malam itu kita juga diajak untuk mengapresiasi film inspiratif bagaimana menjalani kehidupan ini dengan tujuan terbaik walaupun berbagai halangan dan rintangan ada di hadapan kita. Selesai melihat film dilanjutkan dengan ibadat tobat, pemeriksaan batin, dan membangun niat untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan ini.

Sabtu, 26 November sebagai hari terakhir kegiatan retret diawali dengan meditasi terpimpin oleh romo Goris, SMM. Pada akhir meditasi terpimpin kita diajak untuk saling mendoakan teman yang ada di sekita kita. Acara dilanjutkan dengan sarapan dan disambung dengan Peleno dan Rangkuman dari apa yang sudah kita alami sejak hari pertama sampai terakhir. Dan sebagai puncak acara kegiatan retret diakhiri dengan pengakuan dosa dan Misa Ekaresti.

Sr. Dorothea SPM selaku kepala sekolah pada penutupan retret mengajak semua guru dan karyawan untuk mampu mengkongkritkan niatan baru yang sudah dinyatakan, dengan demikian suasana kehidupan sebagai keluarga besar guru dan karyawan SMPK Santa Maria II akan semakin berwarna dan bermakna. “Semoga semua harapan kita seletah retret ini mampu kita perjuangkan,” demikian ungkap Pak Albert sambil membawa tas keluar dari kamar yang selama 2 malam itu ditempati.

Sekitar pukul 13.00 WIB dengan cuaca hujan cukup lebat kami mulai meninggalkan rumah retret Griya Wacana dengan menggunakan 3 mobil Bison yang kami sewa untuk mengantar ke tempat Bus Medali Mas menunggu kami. Setelah semua berada di bus kami pun langsung melanjutkan perjalanan ke Malang. “Sungguh kami banyak mengalami pengalaman baru dalam retret kali in, “ ungkap Pak ndik sambil mulai memejamkan mata untuk tidur sambil menunggu bibanya kami di sekolag tercinta SMPK Santa Maria II Malang. Proficiat retret guru karyawan SMP Panderman salam jumpa untukkegiatan retret di tahun yang akan datang. (T.Th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *