Kegiatan setelah UKK 2017

Setelah sepekan melaksanakan UKK atau UAS Genap siswa kelas 7 dan 8 mendapatkan kegiatan motivasi dan kewirausahaan. Khusus siswa kelas 8 bekerjasama dengan SMAK Santa Maria yang bersedia memberikan pelatihan dan keterampilan pembatan batik cetak dan mengenal origami, sedangkan siswa kelas 7 mendapatkan berbagai keterampilan yang dibina oleh alumni SMPK Santa Maria II sebagai salah satu program Alsanmar (Ikatan alumni Santa Maria II). Kedua kegiatan itu dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, 9 dan 10 Juni 2017

Pada kegiatan pembuatan batik cetak, siswa kelas 8 sudah diberi desaian jadi untuk diajak langsung bagaimana mencetak batik tersebut. Menurut koordinator pembuatan batik cetak Bapak Mispan, sebenarnya kami ingin juga memberikan pelatihan bagaimana mendesain batik yang kita inginkan karena keterbatasan waktu maka pelatihan pembuatan desain tersebut kami cancel dengan catatan kami mengunakan desain batik yang sudah kami miliki.

Praktik pencetakan batik dilaksanakan dengan membagi setiap kelas menjadi beberapa kelompok kemudian setiap kelompok dipandu siswa dari SMAK Santa Maria untuk member pengarahan dan memandu proses pencetakan batik cetak tersebut. Pada pelatihan di SMA Langsep karena jumlah kelas ada 6 kelas maka bagi menjadi 2 kelompok, pada hari pertama ada 3 kelas masuk ke kelas keterampilan origami dan 3 kelas masuk ke kelompok cetak batik.

Menurut Fania, salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan ini mampu menambah wawasan kami bagaimana kami mulai kenal dengan aneka keterampilan baik origami maupun cetak batik. Selain itu kegiatan ini juga mereka gunakan untuk lebih mengenal SMAK Santa Maria. “Semoga dengan kegiatan ini kedua lembaga sekolah yang masih dalam satu pengelola yakni Perkumpulan Dharmaputri lebih bisa meningkatkan intensitas serta kualitas bentuk kerjasama yang konstrukstif, demikian harapan Bapak Albertus sambil menikmati sarapan di ruang kepala sekolah.

Pada hari yang sama siswa kelas 7 mendapatkan keterampilan mendesain menari dari sedotan plastik dengan tujuan akhir membuat menara tertinggi dengan kualitas kekuatan yang maksimal. Selain itu siswa diperkenalkan dengan dance sport sebagai bentuk motivasi agar olahraga itu juga selain hobby juga harus berakhir dengan prestasi. Keterampilan bagaimana mengedit dan mengambil video juga dikenalkan kepada para siswa kelas 7 dengan menggunakan alat yang paling mudah dan murah yakni dengan HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *