Penjelasan Biopori

Pasti kalian pernah mendengar kata biopori tapi mungkin kalian tidak tahu apa itu atau kalian tahu tapi tidak lengkap nah maka dari itu berikut penjelasan tentang biopori:

1. Biopori itu sendiri adalah sebuah metode resapan air dengan membuat sebuah lubang vertikal ke bawah metode ini dibuat oleh Dr. Kamir Raziudin Brata sebagai salah satu peneliti di departemen ilmu tanah dan sumberdaya lahan,fakultas pertanian institut pertanian bogor.

2.Metode ini dilakukan dengan cara membuat lubang dan menimbunnya dengan sampah organik untuk membuat kompos yang dapat menghidupi fauna dalam tanah hingga dapat membuat pori-pori di dalam tanah.

3.Tujuan metode ini adalah untuk memperbesar resapan air karena kota-kota besar di indonesia mulai sedikit tempat serapan air nya karena pembangunan yang banyak untuk kepentingan manusia itu sendiri selain itu lubang ini juga dapat untuk membuat kompos yang dapat berguna dalam dunia pertanian sebagai pupuk alami bagi tanaman selain itu biopori juga berguna untuk menyehatkan tanah karena meningkatkan mikroorganisme, biopori juga untuk sebagai arstitektur lanskap untuk membuat pertamanan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *